Analisa Re-Schedule Pembangunan Kapal Baru Sistem Hull Block Construction Method (HBCM) dengan Critical Path Method (CPM) Pada Kapal Tug Boat 2 x 1600 Hp Hull 062 di PT. Janata Marina Indah Unit II

*Dina Krisnawati  -  Program Studi S1 Teknik Perkapalan, Indonesia
Imam Pujo Mulyatno  -  Program Studi S1 Teknik Perkapalan, Indonesia
Kiryanto Kiryanto  -  Program Studi S1 Teknik Perkapalan, Indonesia
Published: .
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi produksi kapal, setiap galangan mengalami perubahan sistem pembangunan kapal, dari conventional hull construction menjadi hull block construction. Keterlambatan proyek pembangunan kapal tug boat pelindo II 2 x 1600 HP Hull 062 di PT. Janata Marina Indah Unit II Semarang dapat meningkatkan biaya produksi kapal yang berakhir pada meruginya perusahaan. Keterlambatan ini disebabkan oleh terjadinya penundaan di divisi perencanaan pengadaan material, sehingga terjadi penyimpangan dari jadwal yang telah direncanakan. Critical Path Method (CPM) digunakan untuk mengkaji tentang penjadwalan untuk mengatasi keterlambatan proyek dengan menggunakan microsoft project.

Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa waktu  pembangunan yang pada awalnya selama 342 hari dapat dipercepat menjadi 327 hari. Dengan adanya penerapan kerja lembur ini akan berpengaruh terhadap biaya produksi, khususnya biaya tenaga kerja pada kegiatan-kegiatan yang biasanya membutuhkan waktu selama 15 hari dalam penyelesaiannya. Dari hasil perhitungan didapatkan bahwa biaya tenaga kerja awal sebesar Rp 250.546.875,- menjadi Rp 306.009.375,-. Sehingga dengan adanya percepatan selama 15 hari tersebut akan terjadi penambahan biaya sebesar Rp 55.462.500,-  atau 22,14 % dari biaya awal.

Kata kunci : Critical Path Method, Hull Construction, Microsoft Project

Article Metrics: