BibTex Citation Data :
@article{JTP7126, author = {Prima Yosia Ginting and Ahmad Fauzan Zakki and Wilma Amiruddin}, title = {SIMULASITUBRUKANRUANG MUAT KAPAL BULK CARRIER 75.000 DWT DENGAN KAPAL TANKER BERTIPE HALUANRAM BOW DAN KAPAL LNG BERTIPE HALUAN CYLINDRICAL BOWDI WILAYAH PERAIRAN PELABUHAN}, journal = {Jurnal Teknik Perkapalan}, volume = {2}, number = {4}, year = {2014}, keywords = {Bulk Carrier; Bulbous Bow; Cylindrical Bow; Tubrukan}, abstract = { Tingginya tingkat aktivitas lalu lalangkapal serta terbatasnya area jalur perlintasan perairan pelabuhan sangat berpotensi terjadinya insiden kecelakaan kapal terutama tubrukan kapal.Tubrukan kapal ini menyebabkan terjadinya deformasi hingga robeknya lambung kapal yang mengakibatkan kerugian materi hingga timbulnya korban jiwa serta merusak ekosistem laut akibat tumpahnya muatan kapal.Dengan adanya kasus tubrukan di pelabuhan, maka dilakukankajian studi khusus pada area ruang muat kapal dengan simulasi analisa numerik menggunakan dynamicFEM dengan memodelkan ruang muat kapal Bulk Carrier 75.000 DWT yang ditubruk oleh kapal Tanker dengan haluan berbentuk RamBow dan kapal LNG yang berbentuk haluan Cylindrical Bow dengan parameter kecepatan 3 knot dan 5 knotdengan sudut sebesar 30 0 , 60 0 dan 90 0 terhadap ruang muat kapal. Dari hasil studi, lambung ruang muat kapal hanya mengalami deformasi pada kecepatan 3 knot terhadap ruang muat sedangkan dengan kecepatan 5 knot struktur mengalami kehancuran. }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/7126} }
Refworks Citation Data :
Tingginya tingkat aktivitas lalu lalangkapal serta terbatasnya area jalur perlintasan perairan pelabuhan sangat berpotensi terjadinya insiden kecelakaan kapal terutama tubrukan kapal.Tubrukan kapal ini menyebabkan terjadinya deformasi hingga robeknya lambung kapal yang mengakibatkan kerugian materi hingga timbulnya korban jiwa serta merusak ekosistem laut akibat tumpahnya muatan kapal.Dengan adanya kasus tubrukan di pelabuhan, maka dilakukankajian studi khusus pada area ruang muat kapal dengan simulasi analisa numerik menggunakan dynamicFEMdengan memodelkan ruang muat kapal Bulk Carrier75.000 DWT yang ditubruk oleh kapal Tanker dengan haluan berbentuk RamBowdan kapal LNG yang berbentuk haluan Cylindrical Bow dengan parameter kecepatan 3 knot dan 5 knotdengan sudut sebesar 300, 600dan 900terhadap ruang muat kapal. Dari hasil studi, lambung ruang muat kapal hanya mengalami deformasi pada kecepatan 3 knot terhadap ruang muat sedangkan dengan kecepatan 5 knot struktur mengalami kehancuran.
Last update:
Jurnal Teknik Perkapalan oleh http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License