ANALISA STABILITAS DAN OLAH GERAK PADA KM. YELLOW FIN SETELAH PENAMBAHAN KAPAL PANCING

*Hardhina Aglomerra  -  Program Studi S1 Teknik Perkapalan, Indonesia
Ari Wibawa Budi Santosa  -  Program Studi S1 Teknik Perkapalan, Indonesia
Kiryanto Kiryanto  -  Program Studi S1 Teknik Perkapalan, Indonesia
Published: .
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Kapal yellow fin merupakan salah satu jenis kapal ikan pamboat nelayan Philipina dan memiliki kapal pancing dengan alat penggerak yang dimodifikasi menggunakan layar sehingga penulis ingin mengetahui stabilitas, olah gerak, dan kekuatan cadik yellow fin setelah mendapatkan beban dari kapal pancing.

          Tahapan untuk mencapai tujuan tersebut menggunakan beberapa software perkapalan yang terintegrasi. Pada awalnya adalah pembuatan gambar 3D dengan rencana garis yang sudah ada, kemudian dilakukan analisa stabilitas dan analisa olah gerak pada software perkapalan lainnya dengan tools import. Untuk analisa kekuatan cadik menggunakan software perkapalan dengan melakukan pemodelan yang sesuai dengan rencana umum kapal yellow fin.

          Berdasarkan hasil perhitungan dan analisa yang mengacu pada aturan IMO (international maritime Organization) dengan Code A.749(18). Hasil perhitungan kapal pancing, kapal yellow fin dengan 2 (dua) kapal pancing, dan kapal yellow fin dengan 4 (empat) kapal pancing secara keseluruhan menunjukan bahwa stabilitas memenuhi standart kriteria yang ditetapkan oleh IMO. Analisa stabilitas menggunakan aturan IMO Code A.749(18). Untuk analisa Olah Gerak pada kapal pancing, kapal yellow fin dengan 2 (dua) kapal pancing, dan kapal yellow fin dengan 4 (empat) kapal pancing tidak mengalami deck wetness. Hasil ini diperoleh berdasarkan NORDFORSK (1987)-Seakeeping Criteria. Untuk analisa kekuatan cadik yellow fin setelah mendapatkan beban kapal pancing hasil perhitungan dan analisa menggunakan software mendekati kebenarannya (valid).

Keywords: Yellow Fin; Kapal Pancing; Stabilitas; Olah Gerak; Kekuatan Cadik

Article Metrics: