BibTex Citation Data :
@article{JTP5978, author = {Wahyu Dwi Yunanto and Imam Pujo Mulyatno and Andi Trimulyono}, title = {ANALISA KEKUATAN KONSTRUKSI CAR DECK PADA KAPAL “KAPAL ROPAX 5000GT”DENGAN METODE ELEMEN HINGGA}, journal = {Jurnal Teknik Perkapalan}, volume = {2}, number = {3}, year = {2014}, keywords = {Struktur Car Deck; Metode elemen hingga}, abstract = {Kapal merupakan sebuah sistem rekayasa bergerak buatan manusia yang terbesar. Kompleksitasnya sebagian besar disebabkan oleh tuntutan self – supporting capability di lingkungan laut yang tidak readily habitable . Salah satu subsistem penyusun sistem rekayasa tersebut adalah konstruksinya. Dalam sebuah sistem konstruksi, kekuatan merupakan struktur terpenting dalam sebuah kapal sebab fungsinya adalah untuk menjamin keselamatan daripada awak kapal, penumpang, dan muatannya. Kapal ROPAX 5000GT adalah type Ro – RoPassanger Ship milik DEREKTORAT PERHUBUNGAN DARAT yang beroperasi di Selat Sunda dengan rute pelayaran Pelabuhan Merak – Bakauheni. Dalam rute pelayaran tersebut yang ditempuh dalam waktu kurang lebih dua setengah jam, hal ini mengharuskan kondisi kapal selalu dalam kondisi aman terutama dalam hal konstruksinya sebab dalam perencanaan sebuah konstruksi kapal, pada dasarnya adalah merencanakan konstruksi yang mempunyai tingkat tegangan pada batas yang diijinkan dan bisa diterima oleh konstruksi tersebut. Penelitian tentang konstruksi kekuatan car deck kapal . Kapal ROPAX 5000GT perlu diperhatikan dan dilakukan, dimana tegangan yang diakibatkan oleh beban yang mengenainya tidak boleh melebihi batas maksimum σyield bahan dan σijin berdasarkan rules dari kelas, adapun acuan rules yang dipakai dalam penelitian ini adalah berdasarkan rules Biro Klasifikasi Indonesia. Pada Tugas Akhir ini akan dilakukan analisa local stress yang terjadi pada car deck kapal . Kapal ROPAX 5000GT dengan bantuan program numerik Ansys . Analisa yang digunakan adalah analisa beban statis untuk mengetahui karakteristik dan letak tegangan terbesar dari struktur konstruksi car deck berdasarkan tiga variasi kondisi keadaan kapal menggunakan metode elemen hingga. Hasil analisa menggunakan program numerik Ansys didapatkan hasil maximum stress pada sistem konstruksi car deck geladak kendaraan 2 sebesar 225,39 N/mm2 di lokasi node 8087 pada saat kondisi sagging. Kondisi ini masih tetap aman karena nilai tegangan maksimum yang terjadi masih dibawah σyield dan σijin berdasarkan rules BKI, serta memilki faktor keamanan 1,03}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/5978} }
Refworks Citation Data :
Last update:
Jurnal Teknik Perkapalan oleh http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License