STUDI PERANCANGAN KAPAL PENGANGKUT LUMPUR UNTUK KELANCARAN ALUR PELAYARAN DI SUNGAI KAPUAS

*Sigit Edhi Kurniawan  -  Program Studi Teknik Perkapalan , Indonesia
Berlian Arswendo Adietya  -  Program Studi Teknik Perkapalan , Indonesia
Parlindungan Manik  -  Program Studi Teknik Perkapalan , Indonesia
Published: .
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Sungai Kapuas merupakan sungai yang terletak di Kalimantan Barat antara garis 2o08 LU serta 3005 LS serta di antara 108o0 BT dan 114o10 BT pada peta bumi. Sejak tahun 1999-an kondisi Sungai Kapuas dengan kedalaman sekitar 20 meter, lebar 250 meter akan tetapi dalam 10 tahun terakhir, selain pendangkalan, di tepi kiri dan kanan pun mengering, dan pada beberapa tempat tertentu dijadikan arena permainan layang-layang dan lapangan sepak bola. dengan kedalaman minimal 4 meter pada keadan air sungai surut. Untuk menyelesaikan Berapa ukuran utama kapal pengangkut lumpur yang maksimal, Bagaimana menentukan design kontruksi dan kriteria performa kapal  pengangkut lumpur di Sungai Kapuas.

Dalam  melaksanakan penelitian ini dilakukan beberapa tahapan perancangan kapal pengangkut lumpur yaitu menggunakan komputer yang didukung dengan menggunakan software Maxsurf dan Delfship, untuk mendapatkan ukuran utama kapal lumpur yang sesuai dengan daerah pelayaran di sungai Kapuas, menentukan design konstruksi dan kriteria performa meliputi perhitungan ukuran utama, membuat rencana garis, rencana umum, analisa hidrostatik, stabilitas kapal dan analisis olah gerak kapal pengangkut lumpur. Dan peralatan kapal excavator 1 unit, kapal tugboat tarik berdasarkan hasil perhitungan daya tugboat sesuai dengan hambatan yang dialami kapal.

Ukuran utama yang dihasilkan dari perhitungan adalah Loa: 39.951 m, Lwl: 39,6 m, B: 7 m, T: 2,5 m, H: 3,2 m. Dari hasil hidrostatik, kapal Pengangkut lumpur ini mempunyai displacement 440,6 Ton, Cb 0,7, LCB 19,514 m. Pada tinjauan stabilitas, hasil menunjukkan kapal stabil, karena titik M diatas titik G. Pada tinjauan olah gerak kapal ini memiliki olah gerak yang baik terbukti tidak terjadi deck weaknes. Pada tinjauan gambar rencana umum, kapal memiliki space yang cukup untuk kapal monohull dan untuk mempermudah proses bongkar muat. Kapal pengangkut lumpur ini menggunakan satu buah tenaga penggerak berupa tugboat dengan daya yang dihasilkan sebesar 78.86 HP.

 

Keywords: Kapal Pengangkut Lumpur; monohull; Sungai Kapuas

Article Metrics: