skip to main content

PERANCANGAN KAPAL SPOB PENGANGKUT MINYAK SAWIT DI KAPUAS

*Wendi Riyandi  -  Program Studi Teknik Perkapalan , Indonesia
Berlian Arswendo Adietya  -  Program Studi Teknik Perkapalan , Indonesia
Sarjito Jokosisworo  -  Program Studi Teknik Perkapalan , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Kabupaten Kapuas terletak di antara 0o8'48" sampai dengan 3o27'00" Lintang Selatan dan 112o2'36" sampai dengan 114o44'00" terletak di Garis Khatulistiwa. Dan merupakan salah satu kota penghasil CPO (Crude Palm Oil) terbesar di indonesia. Prospek pasar CPO (Crude Palm Oil) di masa mendatang terlihat sangat baik untuk domestik maupun untuk ekspor, berapa ukuran utama kapal pengangkut minyak sawit yang optimal dan bias memenuhi kebutuhan yang ada di perusaan di kapuas, bagaimana proses pengangkutan minyak sawit di Kapuas.

Dalam melaksanakan penelitian ini di lakukan beberapa tahapan  perancangan kapal pengangkut minyak sawit yaitu komputerisasi yang menggunakan bantuan computer untuk perhitungan dari kapal perancangan pengangkut minyak sawit ini, dan penambahan software maxsurf dan delsfhip untuk menentukan ukuran utama, membuat rencana garis, rencana umum,analisa hydrostatic,stabilitas kapal dan analisa olah gerak kapal pengangkut minyak sawit pemilihan peralatan kapal minyak sawit dan mesin induk berdasarkan hasil perhitungan daya sesuai dengan hambatan yang di alami kapal.

Ukuran utama yang di hasilkan dari perhitungan adalah LOA : 29.160 m, LWL : 29,157 m,B: 7,5 m H: 3.00 m, T: 2.40 m. dari hasil hydrostatic, kapal pengangkut minyak sawit ini mempunyai displacement 399,78ton, CB 0.73 LCB 14,35 m. pada tinjauan stabilitas,hasil menujukan kapal stabil,karena titik M di atas titik G. pada tinjauan  olah gerak kapal ini memiliki olah gerak yang baik terbikti tidak terjadi deck weeknes. Pada tinjauan gambar rencana umum, kapal memiliki space yang sukup untuk kapal monohull dan untuk mempermudah proses bongkar muat kapal pengangkut minyak kelapa sawit ini menggunakan satu buah tenaga penggerak berupa mesin induk dengan daya yang di hasilkan sebesar 276.86HP. dengan kapal ini pengangkutan tiga ( 3) perusahaan bias di lakukan selama lima (5) hari

Fulltext View|Download
Keywords: perancangan Kapal SPOB; minyak sawit; sungai kapuas; performance

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.