skip to main content

PERANCANGAN KAPAL UNTUK MENUNJANG PARIWISATA DI MENJANGAN BESAR-KARIMUNJAWA

*Ishak Ari Prabowo  -  Program Studi S1 Teknik Perkapalan, Indonesia
Kiryanto Kiryanto  -  Program Studi S1 Teknik Perkapalan, Indonesia
Wilma Amiruddin  -  Program Studi S1 Teknik Perkapalan, Indonesia

Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

Karimunjawa merupakan kepulauan yang berada di wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Daerah ini memiliki potensi pariwisata yang sangat bagus sebagai wahana rekreasi yang berbasis alam. Beragam kegiatan menarik bisa dilakukan para wisatawan seperti berenang bersama hiu, melihat Taman Nasional Karimunjawa, mengunjungi penangkaran  penyu, dll.

Dalam  melaksanakan penelitian ini dilakukan beberapa tahapan perancangan yaitu membuat rencana garis, rencana umum, analisa hidrostatik, stabilitas kapal, pemilihan peralatan kapal dan motor induk berdasarkan hasil perhitungan daya motor sesuai dengan hambatan yang dialami. Perancangan kapal wisata ini menggunakan metode perbandingan.

Ukuran utama yang dihasilkan dari perhitungan di dapatkan Loa : 11,66 m  m, B: 3,40 m, T: 0,90 m, H: 1,70 m, Cb: 0,62.  Kapal ini menggunakan sebuah mesin diesel Outboard  dengan daya yang dihasilkansebesar 19,22 HP.  Berdasarkan hasil analisa di dapatkan nilai hambatan sebesar 3,18 kN pada Vmax 7 knot.  Pada tinjauan stabilitas, hasil analisa menunjukkan nilai GZ terbesar saat kapal pada kondisi kosong kosong dan periode oleng terbesar terjadi saat kapal pada kondisi III, dan nilai MG terbesar terjadi pada saat kapal muatan kosong dan memiliki periode oleng  3,906 detik
Fulltext View|Download
Keywords: kapal wisata; monohull; analisa hidrostatik; hambatan; stabilitas

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.