skip to main content

Kajian Kekuatan Konstruksi Car Deck dengan Finite Element Method Pada Kapal Ro-Ro 2919 GT

*Putri Apriliantin Dwi Wahyudi  -  Department of Naval Architecture, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Imam Pujo Mulyatno  -  Department of Naval Architecture, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Samuel Samuel  -  Department of Naval Architecture, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Car deck pada kapal berfungsi sebagai area penyimpanan kendaraan beserta muatannya selama operasi pelayaran. Konstruksi car deck harus memenuhi standar keselamatan dan struktur sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan oleh Biro Klasifikasi Indonesia (BKI). Penelitian ini menggunakan material baja EH 36 dengan muatan 20 ft, 40 ft, dan campuran pada kondisi ketebalan plat 100%, 90%, dan 80% dalam kondisi air tenang, gelombang sagging dan gelombang hogging. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis kekuatan struktur serta menentukan faktor keamanan pada konstruksi car deck kapal Ro-Ro 2919 GT. Penelitian ini menerapkan metode elemen hingga untuk menentukan nilai tegangan maksimum dan nilai safety factor. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada kondisi ketebalan plat deck 100% tercatat tegangan maksimum sebesar 192.7 MPa, pada 90% sebesar 203.5 MPa, dan pada 80% sebesar 215.1 MPa, semuanya terjadi pada kondisi gelombang sagging dengan muatan campuran. Secara keseluruhan semua variasi memenuhi kriteria yang diizinkan BKI, namun pada kondisi ketebalan plat deck 80% mendekati batas aman, yang mengindikasikan perlunya perhatian lebih lanjut terhadap potensi risiko kegagalan struktur.
Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.