skip to main content

Analisa Hambatan Kapal Oil Tanker 10850 DWT Perairan Bintan - Lhokseumawe

*Arjuno Putra Pudji Nurhendra  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Berlian Arswendo Adietya  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Deddy Chrismianto  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini menganalisis hambatan kapal oil tanker berkapasitas 10.850 DWT yang berlayar di perairan Bintan hingga Lhokseumawe. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan nilai hambatan total yang dialami kapal dengan menggunakan metode empiris Holtrop dan simulasi perangkat lunak Maxsurf. Dengan melakukan pembuatan model 3d dengan Maxsurf Modeler terlebih dahulu. Berdasarkan hasil perbandingan perhitungan analitik hambatan dan simulasi software Maxsurf itu memiliki kenaikan yang signifikan. Hal ini menunjukkan pada rentang kecepatan (0 – 14,65 knot) baik perhitungan analitik hambatan maupun software Maxsurf dapat digunakan. Pada kecepatan Maksimum (14,65 knot), hambatan total yang dihitung menggunakan analitik hambatan menghasilkan hambatan sebesar 359,87 kN, sedangkan menggunakan software Maxsurf Resistance menghasilkan hambatan sebesar 404,6 kN, pola kenaikan hambatan terhadap kecepatan dari kedua perhitungan menunjukkan kesamaan, sehingga hasil dapat dibandingkan untuk validasi. Kekurangan dari analisis hambatan ini tidak adanya acuan yang terjadi pada tiap waterline dan tidak adanya juga acuan dari daya mesin kapal yang digunakan.
Fulltext View|Download
Keywords: Kapal Tanker; Hambatan Kapal; Holtrop; Maxsurf; Linesplan
  1. Nurhanisah, "Peranan Transportasi Laut dalam Mendukung," 2017
  2. D. Jayanti, "Penyediaan Sarana dan Prasarana Transportasi Pantai untuk Mendukung Pengembangan Wilayah Desa Lero Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang," 2017
  3. R. Ilham, "Analisis Pelayanan Transportasi Laut," 2020
  4. W. Wu, Y. Yang, J. Zhang, and J. Lu, "Study on striking ship with loading impact on the performance of the double hull oil tanker collision," Polish Maritime Research, vol. 25, no. s2, pp. 42–48, 2018
  5. L. Fols, E. Rizzuto, and E. Pino, "Wave induced global loads for a damaged vessel," Ships and Offshore Structures, vol. 3, no. 4, pp. 269–287, 2008
  6. L. Kilian, N. K. Nomikos, and X. Zhou, "A quantitative model of the oil tanker market in the Arabian Gulf," SSRN Electronic Journal, 2020
  7. S. Hasugian, I. S. Wahyuni, and M. Rahmawati, "Pemetaan Karakteristik Kecelakaan Kapal di Perairan Indonesia Berdasarkan Investigasi KNKT," Warta Penelitian Perhubungan, vol. 20, no. 2, pp. 229–240, 2017
  8. L. B. Dogarawa, "Marine Accident in Northern Nigeria: Causes, Prevention and Management," International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, vol. 2, no. 11, 2012
  9. J. Vasta, "Lessons learned from full scale structural tests," Transactions of SNAME, vol. 66, pp. 165, 2010
  10. E. Sugianto and A. Winarno, "Computational Model Tahanan Kapal untuk Menentukan Kebutuhan Daya Kapal Bulk Carrier 8664 DWT," Kapal: Jurnal Kelautan, vol. 10, no. 2, 2017
  11. L. Kilian, N. K. Nomikos, and X. Zhou, "A quantitative model of the oil tanker market in the Arabian Gulf," SSRN Electronic Journal, 2020
  12. W. R. Hetharia, Materi Kuliah: Perancangan Kapal 1, 2019
  13. G. K. Batchelor, An Introduction to Fluid Dynamics, 2000, doi: 10.1007/978-0-8176-8352-8_23
  14. I. Nadhif, U. Budiarto, and M. Iqbal, "Optimasi Bentuk Buritan Kapal Perintis 750 DWT Menggunakan Response Surface Method (RSM) untuk Mengurangi Hambatan," Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 9, no. 1, pp. 105–111, 2021
  15. A. Maulana, Optimalisasi Hambatan Kapal Skala Penuh Berdasarkan Analisa Uji Tarik Kapal Model, 2011
  16. A. F. Molland, S. R. Turnock, and D. A. Hudson, Ship Resistance and Propulsion, Cambridge: Cambridge University Press, 2017, doi: 10.1017/9781316494196
  17. F. F. Yuliansyah, D. Chrismianto, and A. B. W. Santosa, "Analisa Hambatan Total dan Lift Force pada Kapal Crew Boat," Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 2, no. 4, pp. 49–57, 2014
  18. J. Petersen, D. Jacobsen, and O. Winther, "Statistical modelling for ship propulsion efficiency," Journal of Marine Science and Technology, vol. 17, no. 1, pp. 30–39, 2011
  19. R. Rachman and E. Pranatal, "Analisis Perbandingan Metode Simulasi Software Maxsurf dengan Metode Matematis untuk Perhitungan Hambatan dan Daya Mesin Utama Kapal Tanker 6500 DWT," Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan (SEMITAN), vol. 2, no. 1, pp. 193–201, 2020
  20. E. Sugianto and A. Winarno, "Computational model of ship resistance for estimate engine power of bulk carrier ship 8664 DWT," Jurnal Kelautan, vol. 10, no. 4, 2017
  21. S. Syahril and R. A. Nabawi, "Numerical investigation of the effect on four bow designs flat hull ship," International Journal of GEOMATE, vol. 17, no. 62, 2019
  22. R. A. Nabawi, S. Syahril, and R. Refdinal, "The study of shape flat hull ship toward resistance," TEM Journal, pp. 1669–1673, 2022
  23. S. Suardi, T. Hidayat, M. B. Firmansyah, and A. Y. Kyaw, "Impact of axe bow hull shape on patrol ship resistance, freeboard, and trim," Maritime Park Journal of Maritime Technology and Society, pp. 16–21, 2023

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.