skip to main content

Desain Kapal Pariwisata Dengan Penambahan Layar di Danau Toba Dengan Bentuk Lambung Monohull

*Samuel Mangapul Simamora  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Deddy Chrismianto  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Samuel Samuel  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Peningkatan sektor pariwisata di Kawasan Danau Toba berkontribusi signifikan terhadap percepatan infrastruktur transportasi air. Di Danau Toba, masih terdapat sedikit jenis kapal yang digunakan untuk sarana transportasi. Untuk memperkaya keanekaragaman wisata, pembangunan kapal monohull dengan penambahan layar menjadi salah satu magnet bagi wisatawan. Layar adalah salah satu dari banuaknya sistem propulsi yang diaplikasikan untuk menggerakkan kapal. Kekuatan gaya dorong yang dihasilkan oleh layar sangat dipengaruhi oleh arah dan kecepatan angin. Tujuan penelitian ini adalah merancang kapal pariwisata monohull dengan menambah layar, dan menjadikan ²layar sebagai daya tarik di sektor pariwisata di perairan Danau Toba. Metode yang digunakan dalam menentukan ukuran utama kapal dengan menggunakan metode regresi linear, perhitungan stabilitas menggunakan standar dari IMO, perhitungan hambatan menggunakan metode Holtrop dan Van Oortmeersen, olah gerak menggunakan standar dari Nordfork 1987, dan perhitungan luasan layar menggunakan turunan rumus dari teori aerodinamika. Hasil dari penelitian ini mendapatkan bahwa kapal pariwisata monohull yang dirancang memiliki ukuran utama LOA 20 m, LPP 19,1 m, tinggi 3,1 m, lebar 7,5 m, sarat 1,9 m, dan Vs 7 knot. Luasan layar yang didapatkan untuk kapal pariwisata monohull di perairan Danau Toba sebesar 260,49 m².
Fulltext View|Download
Keywords: Layar; Monohull; Perancangan Kapal Pariwisata
  1. BMKG Provisi Sumatera Utara, Letak Geografis Danau Toba, Samosir, 2010
  2. R.Sembiring, A.W.B.Santosa, dan Samuel, Analisa Teknis dan Ekonomis Pemakaian Layar pada Kapal Ikan KM Sri Wulan III, Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 3, no.1, Feb 2015
  3. R.A. Saputro, P.Manik, dan E.S.Hadi, Studi Perancangan Kapal Layar Katamaran Sebagai Kapal Pariwisata di Kepulauan Seribu, Jurnal Penelitian Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia, 2014
  4. Y.Rianto dan A.Nasirudin, Analisis Ukuran dan Bentuk Layar Kapal Ikan Jenis Purse Seine; Studi Kasus: KM Maju, Institut Teknologi Sepuluh November, 2017
  5. I.Kurniawan, Studi Penentuan Jumlah dan Jenis Layar yang Optimal pada Sistem Propulsi Kombinasi Layar dan Motor pada Kapal Kayu Penangkap Ikan “Cahaya Bone”, Institut Teknologi Sepuluh November, Jul 2006
  6. D. Pike, Motor Sailing. London: Adlard Coules Nautical, 1993
  7. A.F.Molland, S.R.Turnock, and D.A.Hudson, Ship resistance and propulsion. Cambridge university press, 2017
  8. C.A.Marhaj. Sailing theory and Practice 2ndEdition New York : Granada Publishing. 1982
  9. C.Marchaj, Aero-Hydrodynamics Of Sailing. New York, 1979
  10. B.Barrass and C.D.R.Derrett, Ship stability for masters and mates, Elsevier, 2011
  11. IMO, Code On Intact Stability For All Types Of Ships, vol. 749, November, 2002

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.