skip to main content

PERANCANGAN KAPAL CONTAINER 21300 DWT UNTUK RUTE PELAYARAN JAKARTA - MAKASSAR

*Malik Alfaruqi  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Andi Trimulyono  -  Department of Navar Architecture, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Ahmad Fauzan Zakki  -  Department of Navar Architecture, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Perdagangan nasional telah mengalami pertumbuhan yang pesat dalam beberapa dekade terakhir , Indonesia sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia memiliki aktivitas perekonomian yang tinggi dengan sektor Perdagangan sebagai salah satu sektor yang dominan dan merupakan kontributor terbesar kedua terhadap struktur Produk Domestik Bruto (PDB) nasional sepanjang tahun 2022 setelah industri pengolahan dengan kontribusi sebesar 12,85 persen. Sektor perdagangan tumbuh sebesar 5,52 persen di tahun 2022, meningkat dari 4,63 persen di tahun sebelumnya. Penelitian ini melakukan pembuatan  desain kapal kontainer dengan rute jakarta makassar guna menjawab peran vital kapal kontainer dalam menghubungkan seluruh kawasan untuk perkembangan perdagangan indonesia. Dari penelitian yang dilakukan di dapatkan ukuran utama kapal yang sesuai daerah pelayaran yaitu, LWL 172,57 m,LPP 167,54 m, B 27,97 m, T 8,2 m, H 14 m cb 0,79 serta DWT 21300 Ton. Melakukan perancangan Rencana umum yang disesuaikan dengan kebutuhan ruangan dan fungsinya. Dilakukan analisa stabilitas secara komputasi yang mengacu pada kriteria IMO. Dilakukan analisa hambatan kapal dengan pendekatan Holtrop.

Fulltext View|Download
  1. Septiawan, B. “Analisis Potensi Ekspor Indonesia Terhadap Negara Asean Dengan Pemanfaatan Perjanjian Masyarakat Ekonomi Asean (MEA),” ekonomi, vol. 15, no. 1, pp. 13, 2023
  2. Pamungkas, M. Fajar, “Optimalisasi Penanganan Muatan High Temperature di MV.Desert Spring Pada Saat Loading Batubara Yang Diageni PT. IDT Trans Agency,” pip, vol. 6, no. 2, pp. 24, 2023
  3. Pamungkas, P. Bagio, “Perancangan Kapal Bulk Carrier 6200 Dwt Untuk Rute Pelayaran Jakarta - Palngkaraya,” kapal, vol. 2, no. 2, pp. 1 - 2, 2014
  4. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. 2021. Jumlah Armada Kapal Niaga Nasional Berbendera Indonesia Tahun 2021. Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Jakarta. 1 hal
  5. ---, Atlas Megazine, https://www.atlas-mag.net/en/category/tags/focus/the-world-merchant-fleet, 20 Februari 2024
  6. INTERCARGO. (2019). Bulk Carrier Casualty Report. London: International Association Of Dry Cargo Shipowners. https://www.iims.org.uk/wp-content/uploads/2020/05/INTERCARGO-Bulk-Carrier-Casualty-Report_2019.pdf
  7. ---, Kapaldanlogistic, https://www.kapaldanlogistik.com/2021/03/ukuran-kapal-cargo.html, 20 Februari 2024
  8. Hakim, L. “Penentuan Rute Pelayaran Terbaik Untuk Mendukung Program Tol Laut NKRI,” Geografi, vol. 16, no. 2, pp. 2 - 3, 2016
  9. Djunarsjah, E. “Kajian Standar Penilaian Kelayakan Pelabuhan Makassar Dalam Mendukung Konsep Tol Laut,” Geospatial, vol. 5, no. 2, pp. 31, 2018
  10. International Towing Tank Conference (ITTC), Practical guidelines for ship CFD applications, in: Proc. 26th ITTC, 2011. http://ittc.sname.org/CD2011/pdf Procedures 2011/7.5- 03-02-03.pdf>
  11. R. Deng, D. B. Huang, G. L. Zhou, and H. W. Sun, “Investigation on some factors effecting ship resistance calculation with CFD code FLUENT,” Chuan Bo Li Xue/Journal Sh. Mech., vol. 17, no. 6, pp. 616–624, 2013, doi: 10.3969/j.issn.1007-7294.2013.06.004
  12. Shih, T.-H., et al., A new k-ϵ eddy viscosity model for high reynolds number turbulent flows. Computers & fluids, 1995. 24(3): p. 227-238
  13. Fluent, A., 12.0 Tutorial Guide. Ansys Inc, 2011
  14. Gharagozloo A. H., Negahdari M. R., Ebrahimi A. Numerical Study on Body Form of Flettner Sail Using Computational Fluid Dynamics. ijmt 2021; 16 :63-71 URL: http://ijmt.ir/article-1-774-en.html
  15. J. Holtrop, A statistical re-analysis of resistance and probulsion data (1984) 272–276

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.