skip to main content

PERANCANGAN KAPAL BULK CARRIER 21600 DWT UNTUK RUTE PELAYARAN MAKASSAR - GUANGZHOU

*Yoga Hadi Prayitno  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Wilma Amiruddin  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Good Rindo  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Pada era globalisasi ini perdagangan antar negara semakin sering terjadi. Cina merupakan salah 1 negara yang menjadi pasar tujuan oleh beberapa negara di Asia bahkan sampai Eropa dan Amerika. Produk dan komoditas yang dijual ke pasar Cina beragam seperti produk pertanian, logam dan mineral hasil tambang, material dan bahan bakar penghasil energi, kendaraan, sirkuit elektronik, karet dan lainnya. Indonesia memeliki beberapa komoditas ekspor antara lain produk hasil pertanian, produk perikanan dan hasil laut, CPO, kakao, kopi, batu bara, nikel, besi dan baja. Untuk memasarkan produk ini diperlukan alat transportasi. Kapal Bulk carrier digunakan untuk memindahkan bahan curah dan mentah dalam jumlah besar dengan efektif dan ekonomis. Desain kapal bulk carrier yang dirancang mempertimbangkan data kapal pembanding yang dijadikan contoh model dan rute pelayaran yang dilalui. Dari penelitian yang dilakukan di dapatkan ukuran utama kapal yang sesuai daerah pelayaran adalah LOA 172,55 m, LWL 168,34 m, B 26,35 m, T 8,97 m, cb 0,77 serta DWT 21600 Ton. Melakukan perancangan Rencana umum yang disesuaikan dengan kebutuhan ruangan dan fungsinya. Dilakukan analisa stabilitas secara komputasi yang mengacu pada kriteria IMO. Dilakukan analisa hambatan kapal dengan pendekatan Holtrop.
Fulltext View|Download
Keywords: Perancangan;Bulk Carrier; Hambatan kapal; Stabilitas
  1. Septiawan, B. “Analisis Potensi Ekspor Indonesia Terhadap Negara
  2. Asean Dengan Pemanfaatan Perjanjian Masyarakat Ekonomi Asean
  3. (MEA),” ekonomi, vol. 15, no. 1, pp. 13, 2023
  4. Pamungkas, M. Fajar, “Optimalisasi Penanganan Muatan High Temperature
  5. di MV.Desert Spring Pada Saat Loading Batubara Yang Diageni PT. IDT
  6. Trans Agency,” pip, vol. 6, no. 2, pp. 24, 2023
  7. Pamungkas, P. Bagio, “Perancangan Kapal Bulk Carrier 6200 Dwt Untuk
  8. Rute Pelayaran Jakarta - Palngkaraya,” kapal, vol. 2, no. 2, pp. 1 - 2, 2014
  9. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. 2021. Jumlah Armada Kapal Niaga
  10. Nasional Berbendera Indonesia Tahun 2021. Kementerian Perhubungan
  11. Republik Indonesia, Jakarta. 1 hal
  12. ---, Atlas Megazine, https://www.atlas-mag.net/en/category/tags/focus/theworld-merchant-fleet, 20 Februari 2024
  13. INTERCARGO. (2019). Bulk Carrier Casualty Report. London:
  14. International Association Of Dry Cargo Shipowners
  15. https://www.iims.org.uk/wp-content/uploads/2020/05/INTERCARGOBulk-Carrier-Casualty-Report_2019.pdf
  16. ---, Kapaldanlogistic, https://www.kapaldanlogistik.com/2021/03/ukurankapal-cargo.html, 20 Februari 2024
  17. Hakim, L. “Penentuan Rute Pelayaran Terbaik Untuk Mendukung Program
  18. Tol Laut NKRI,” Geografi, vol. 16, no. 2, pp. 2 - 3, 2016
  19. Djunarsjah, E. “Kajian Standar Penilaian Kelayakan Pelabuhan Makassar
  20. Dalam Mendukung Konsep Tol Laut,” Geospatial, vol. 5, no. 2, pp. 31, 2018
  21. International Towing Tank Conference (ITTC), Practical guidelines for ship
  22. CFD applications, in: Proc. 26th ITTC, 2011
  23. http://ittc.sname.org/CD2011/pdf Procedures 2011/7.5- 03-02-03.pdf>
  24. R. Deng, D. B. Huang, G. L. Zhou, and H. W. Sun, “Investigation on some
  25. factors effecting ship resistance calculation with CFD code FLUENT,”
  26. Chuan Bo Li Xue/Journal Sh. Mech., vol. 17, no. 6, pp. 616–624, 2013, doi:
  27. 3969/j.issn.1007-7294.2013.06.004
  28. Shih, T.-H., et al., A new k-ϵ eddy viscosity model for high reynolds number
  29. xii
  30. turbulent flows. Computers & fluids, 1995. 24(3): p. 227-238
  31. Fluent, A., 12.0 Tutorial Guide. Ansys Inc, 2011
  32. Gharagozloo A. H., Negahdari M. R., Ebrahimi A. Numerical Study on Body
  33. Form of Flettner Sail Using Computational Fluid Dynamics. ijmt 2021; 16
  34. :63-71 URL: http://ijmt.ir/article-1-774-en.html
  35. J. Holtrop, A statistical re-analysis of resistance and probulsion data (1984)
  36. –276

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.