slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
Analisis Hambatan Total pada Stepped Planing Hull dengan Variasi Geometri Trim Tab Dropfins menggunakan Metode Computational Fluid Dynamics | Simatupang | Jurnal Teknik Perkapalan skip to main content

Analisis Hambatan Total pada Stepped Planing Hull dengan Variasi Geometri Trim Tab Dropfins menggunakan Metode Computational Fluid Dynamics

*Ridho Justicia Simatupang  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Untung Budiarto  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Good Rindo scopus  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Planing hull memiliki karakteristik hidrodinamika pada fase planing yang menimbulkan gaya angkat. Dalam mendesain planing boat harus dapat memaksimalkan gaya hidrodinamika untuk menghasilkan performa yang baik. Upaya untuk meningkatkan performa kapal adalah menambahkan appandage. Penelitian ini menggunakan trim tab untuk mereduksi nilai hambatan yang dihasilkan oleh kapal. Penelitian ini menggunakan model stephull dan modifikasi pada trim tab, yaitu menambahkan dropfins dengan variasi lebar span dan chord, serta kecepatan kapal. Penelitian ini menggunakan FVM dengan persamaan RANS dan model turbulensi k-ω SST untuk memperkirakan aliran turbulensi di sekitar kapal dan free surface dimodelkan menggunakan VOF dengan fasa air dan fasa udara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi penurunan hambatan total setelah dilakukan instalasi trim tab, dimana reduksi hambatan total terbesar terdapat pada trim tab C2 di Fn 2.29 sebesar 6.8%. Kenaikan hambatan total terjadi di satu variasi, yaitu trim tab A di Fn 1.41 sebesar 2.84%. Trim tab tanpa dropfins lebih baik dalam mereduksi hambatan total, tetapi tidak lebih baik dalam menurunkan sudut trim kapal. Seluruh variasi pada penelitian ini mampu menurunkan sudut trim dengan perubahan terbesar pada trim tab A di semua kecepatan, namun variasi trim tab A di Fn 1.41 menciptakan penambahan hambatan total.

Fulltext View|Download
Keywords: planing hull; hambatan; trim tab; CFD
  1. O. M. Faltinsen, Hydrodynamics of high-speed marine vehicles. Cambridge university press, 2005
  2. A. F. Molland, S. R. Turnock, and D. A. Hudson, Ship resistance and propulsion. Cambridge university press, 2017
  3. D. J. Taunton, D. A. Hudson, and R. A. Shenoi, “Characteristics of a series of high speed hard chine planing hulls-part 1: performance in calm water,” International Journal of Small Craft Technology, vol. 152, pp. 55–75, 2010
  4. C. E. Febrian, D. Chrismianto, and G. Rindo, “Analisis Hambatan dan Gaya Angkat dari Modifikasi Stephull dengan Variasi Sudut pada Kapal Pilot Boat 15 Meter ALU Menggunakan Metode CFD,” Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 6, no. 1, 2018
  5. I. Iskendar, “Komponen Gaya Hambatan Kapal Cepat,” Jurnal Sains dan Teknologi Indonesia, vol. 8, no. 2, p. 131126, 2006
  6. A. Sakaki, H. Ghassemi, and S. Keyvani, “Evaluation of the Hydrodynamic Performance of Planing Boat with Trim Tab and Interceptor and Its Optimization Using Genetic Algorithm,” Journal of Marine Science and Application, vol. 18, no. 2, pp. 131–141, Jun. 2019, doi: 10.1007/s11804-018-0040-6
  7. A. B. Amiadji and A. N. Oktova, “Impact Analysis of Trim Tab Inclination Angles Variation to Propulsion Power Requirement of 6 Meter’s Speed Boat,” International Journal of Marine Engineering Innovation and Research, vol. 6, no. 3, 2021
  8. H. Ghassemi, H. Bahrami, A. Vaezi, and M. A. Ghassemi, “Minimization of Resistance of the Planing Boat by Trim-tab "Minimization of Resistance of the Planing Boat by Trim-tab,” International Journal of Physics, vol. 7, no. 1, pp. 21–26, 2019, doi: 10.12691/ijp-7-1-4
  9. M. Mansoori and A. C. Fernandes, “Interceptor and trim tab combination to prevent interceptor’s unfit effects,” Ocean Engineering, vol. 134, pp. 140–156, 2017, doi: 10.1016/j.oceaneng.2017.02.024
  10. H. Jokar, H. Zeinali, and M. H. Tamaddondar, “Planing craft control using pneumatically driven trim tab,” Mathematics Computers in Simulation, vol. 178, pp. 439–463, 2020
  11. R. Yousefi, R. Shafaghat, dan M. Shakeri, “Hydrodynamic analysis techniques for high-speed planing hulls,” Applied Ocean Research, vol. 42. hlm. 105–113, Agustus 2013. doi: 10.1016/j.apor.2013.05.004
  12. ITTC, “Practical guide;ines for ship CFD applications,” ITTC – Recomm. Proced. Guidel. ITTC. pp. 1-8, 2011
  13. Nourghasemi, H., Bakhtiari, M., & Ghassemi, H. (2017). Numerical study of step forward swept angle effects on the hydrodynamic performance of a planing hull. Scientific Journals of the Maritime University of Szczecin, 51(123), 35–42. https://doi.org/10.17402/228
  14. A. Gray-Stephens, T. Tezdogan, dan S. Day, “Strategies to minimise numerical ventilation in CFD simulations of high-speed planing hulls,” dalam International Conference on Offshore Mechanics and Arctic Engineering, American Society of Mechanical Engineers, 2019
  15. H. Kazemi, M. Salari, H. Nowruzi, dan A. Najafi, “Hydrodynamics analysis of stepped planing hull under different physical and geometrical conditions,” Journal of the Brazilian Society of Mechanical Sciences and Engineering, vol. 41, hlm. 1–12, 2019

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.