slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
Analisis Pengaruh Variasi Sudut Antar Mooring Lines Terhadap Olah Gerak Floating Production Storage and Offloading (FPSO) Dengan Sistem Tambat Spread Mooring | Putra | Jurnal Teknik Perkapalan skip to main content

Analisis Pengaruh Variasi Sudut Antar Mooring Lines Terhadap Olah Gerak Floating Production Storage and Offloading (FPSO) Dengan Sistem Tambat Spread Mooring

*Rico Ade Putra  -  Department of Naval Architecture, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Deddy Chrismianto scopus  -  Department of Naval Architecture, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Andi Trimulyono scopus  -  Department of Naval Architecture, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Struktur lepas pantai berada dalam posisi tetap selama bertahun-tahun dan harus mampu menahan lingkungan yang keras. Dalam kondisi lingkungan aktual, analisis olah gerak FPSO berbasis data lingkungan aktual diperlukan untuk secara akurat menentukan  atau memprediksi seakeeping FPSO sebelum operasi lepas pantai. Penelitian mengenai olah gerak FPSO sudah banyak dilakukan tetapi sebagian besar hanya berfokus pada struktur free surface saja. Pada kenyataannya, FPSO merupakan struktur yang perlu ditopang dengan sistem tambatan (mooring). Pada penelitian ini, penulis melakukan penelitian mengeani pengaruh variasi sudut antar mooring lines terhadap olah gerak FPSO dengan 3 variasi sudut antar mooring lines. Analisis lanjutan berupa rekapitulasi dan pemeringkatan skenario sudut antar mooring lines. Penulis melakukan perhitungan olah gerak dan memodelkan mooring lines menggunakan bantuan perangkat lunak perkapalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rolling terbaik ditunjukkan pada skenario III dengan RAO 17,0553 0/m. Pitching terbaik ditunjukkan pada skenario II dengan RAO 0,6805 0/m. Yawing terbaik ditunjukkan pada skenario I dengan RAO 0,3901 0/m. Surge terbaik ditunjukkan pada skenario III dengan RAO 0,7506 m/m. Sway terbaik ditunjukkan pada skenario II dengan RAO 0,8252 m/m.  Heave terbaik ditunjukkan pada skenario II dengan RAO 1,6365 m/m. Hasil rekapitulasi menunjukkan bahwa sudut antar mooring lines sebesar 40 menduduki peringkat pertama dengan 13 poin.

Fulltext View|Download
Keywords: FPSO; Mooring Lines; Olah Gerak
Funding: Universitas Diponegoro
  1. E. B. Djatmiko, Perilaku dan Operabilitas Bangunan Laut di Atas Gelombang Acak. Surabaya: ITS Press, 2012
  2. Kang, J. et al. (2022) “Placement optimization method of FPSO gas detectors basedon leakage risk,” Journal of Ocean University of China, 21(1), pp. 49–61. Available at: https://doi.org/10.1007/s11802-022-4726-7
  3. Shimamura, Y. (2002) “FPSO/FSO: State of the art,” Journal of Marine Science andTechnology, 7(2), pp. 59–70. Available at: https://doi.org/10.1007/s007730200013
  4. Hong, S.-K. et al. (2014) “A study on the impact load acting on an fpso bowby steepwaves,” Volume 1B: Of shore Technology [Preprint]. Available at: https://doi.org/10.1115/omae2014-23833
  5. Park, D.-M. et al. (2022) “An experimental study of wave impact pressure on an FPSO bow under head sea conditions,” Ocean Engineering, 249, p. 110993. Available at: https://doi.org/10.1016/j.oceaneng.2022.110993
  6. Imabibo Ibinabo and D. Tamunodukobipi, “Determination of the Response Amplitude Operator(s) of an FPSO,” Engineering, vol. 11, no. 09, pp. 541–556, Sep. 2019, doi: https://doi.org/10.4236/eng.2019.119038
  7. E. Akandu and K. N. Wugha, “Analysis of the Heave and Pitch Motions of an FPSO in the Gulf of Guinea,” Journal of Ocean, Mechanical and Aerospace, vol. 55, pp. 1–3, Apr. 2018
  8. R. Nishanth1, K. V. John, and A. Whyte, “DYNAMIC BEHAVIOUR OF FPSO IN KIKEH FIELD UNDER DIFFERENT LOADING CONDITIONS,” ARPN Journal of Engineering and Applied Sciences, vol. 11, no. 04, Feb. 2016
  9. Rizki Amalia Prasiwi and Imam Rochani, “Analisis Perilaku FPSO (Floating Production Storage and Offloading) Terhadap Internal Turret Mooring System Berbasis Simulasi Time Domain,” DOAJ (DOAJ: Directory of Open Access Journals), Sep. 2014
  10. R. Bhattacharyya, Dynamics of Marine Vehicles. John Wiley & Sons, 1978

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.