slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
Analisa Penjadwalan Ulang Dan Kurva S Pada Reparasi Kapal OB. Mulia XII Dengan Menggunakan Critical Path Method | Hugo | Jurnal Teknik Perkapalan skip to main content

Analisa Penjadwalan Ulang Dan Kurva S Pada Reparasi Kapal OB. Mulia XII Dengan Menggunakan Critical Path Method

*Ignatius Hugo  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Kiryanto Kiryanto  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Ahmad Fauzan Zakki  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Salah satu hal yang dapat mendukung untuk keberjalanan dan kelancaran suatu kapal ialah pada tahap pemeliharaan kapal tersebut, yang dimana dengan adanya hal tersbut dapat membuat kapal dapat beroperasi dalam kurun waktu yang lama dan tetap dalam kondisi yang baik atau prima. Salah satu proses yang terdapat didalam kegiatan pemeliharaan kapal yaitu reparasi atau perbaikan kapal. Proses pengolahan data atau penelirian dalam analisa reschedule proyek perbaikan serta Kurva S dengan berdasarkan prinsip critical path method di dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Analisa Schedule dengan Microsoft project, Analisa Perhitungan Data, Analisa Planning Schedule, Melakukan penataan perlakuan pada pekerjaan kritis dengan tindakan yang disebut alternatif percepatan,Analisa Kurva S dengan menggunakan software Microsoft Excel Setelah dilakukan perhitungan crashing, maka kemudian dapat terlihat perbedaan lama waktu yang diperlukan atau durasi yang nantinya akan diunakan selama proses kegiatan proyek reparasi berlangsung. Dari hasil perhitungan dapat terlihat bahwa crashing yang dilakukan penambahan jam kerja dapat mempersingkat waktu menjadi 28 hari dan waktu yang dihasilkan dari crashing dengan penambahan tenaga kerja menjadi 27 hari. yaitu peningkatan yang signifikan diawal untuk jadwal dengan crashing penambahan jam serta tenaga kerja. Untuk hasil kondisi awal ditemukan total pengeluaran untuk upah pekerja sendiri sebesar Rp148.896.000, dan kemudian untuk total pengeluaran upah pekerja pada jadwal crashing jam kerja sendiri sebesar Rp189.288.000,dan untuk jadwal Crashing tenaga kerja di sendiri sebesar Rp218.064.000
Fulltext View|Download
Keywords: Critical path method; Perbaikan; Reparasi Kapal; Crashing; Kurva S
  1. B. Pujiyono, “Konsep Manajemen
  2. Proyek,” 2017
  3. M. A. Siswanto, A. B., & Salim,
  4. Manajemen Proyek. Semarang: CV. Pilar
  5. Nusantara, 2019
  6. Yamit, Manajemen Proyek Konstruksi
  7. (Edisi Ke-1), 1st ed. Yogyakarta, 2000
  8. J. K. and M. Szóstak, “The S-Curve as a
  9. Tool for Planning and Controlling of
  10. Construction Process—Case Study,”
  11. Dep. Build. Eng. Fac. Civ. Eng. Wroclaw
  12. Univ. Sci. Technol., 2020
  13. L. K. Padaga, I. Rochani, and Y. Mulyadi,
  14. “Penjadwalan Berdasarkan Analisis
  15. Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan
  16. Proyek Reparasi Kapal: Studi Kasus MV
  17. Blossom,” J. Tek. ITS, vol. 7, no. 1, 2018
  18. I. B. Laily Oktafiana, “Comparative
  19. Analysis of CPM, PDM and PERT
  20. Methods in Ship Repair Scheduling
  21. Planning KN. RB 309 Ternate 01,” Berk
  22. SAINSTEK, 10(3), 162-174, 2022
  23. J. R. S. Cristóbal, “The S-curve envelope
  24. as a tool for monitoring and control of
  25. projects,” Procedia Comput. Sci., vol
  26. , pp. 756–761, 2017
  27. S. Badri, Dasar-Dasar Network
  28. Planning. Jakarta: PT. Rineka Cipta,

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.