skip to main content

ANALISA KEKUATAN DECK PADA KAPAL LANDING CRAFT TANK (LCT) 1100 DWT AKIBAT PERUBAHAN MUATAN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA

*Khairul Fajri  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Imam Pujo Mulyanto  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Kiryanto Kiryanto  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Pengalihan fungsi kapal Landing Craft Tank (LCT) yang semula digunakan untuk muatan alat berat berubah fungsi menjadi muatan cangkang sawit harus dilakukan kajian kekuatan pada geladak akibat perubahan pembebanan muatan. Kedua jenis muatan mempunyai kerakteristik pembebanakan yang berbeda, dari pembebanan terpusat pada roda truk menjadi pembebanan merata keseluruh geladak kapal. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan nilai tegangan dan defleksi maksimum pada kontruksi geladak kapal LCT dan membandingkan hasil tegangan dan defleksi maksimum pada geladak kapal ketika membawa 2 jenis muatan berbeda. Penelitian ini menggunakan metode elemen hingga (FEM) dan mengacu kepada aturan Biro Klasifikasi Indonesia (BKI). Penulis melakukan penelitian dengan 5 kondisi pembebanan. Kondisi pertama cangkang sawit dengan total muatan 794,8 ton, kondisi kedua cangkang sawit dengan total muatan 688,9 ton, kondisi ketiga cangkang sawit dengan total muatan 529,9 ton, kondisi keempat 6 truk tambang dengan total muatan 199,2 ton dan yang kelima 4 truk tambang dengan total muatan 132,8 ton. Validasi dilakukan pada model dengan cara membandingkan hasil perhitungan simulasi dengan perhitungan analitis menggunakan teori balok dan didapatkan nilai error sebesar 4,66 %. Bahan material yang digunakan KI-A36 dengan yield 250 MPa, hasil analisa FEM didapatkan tegangan maksimum 186,5 MPa yaitu pada deck longitudinal 8 kanan dan defleksi 14,3 mm, hasil dari penelitian perubahan fungsi kapal LCT telah memenuhi kriteria aturan Biro Klasifikasi Indonesia (BKI)

Fulltext View|Download
  1. D. D. Sanjaya, " Analisa Kekuatan Konstruksi Wing Tank Kapal Tanker Menggunakan Metode Elemen
  2. Hingga," Teknik Perkapalan, Jul. 2017
  3. A. Mansour, D. Liu " Strength of Ships and Ocean Structures," The Society of Naval Architects and
  4. Marine Engineers 601 Pavonia Avenue, Jersey City, 2017
  5. I.P. Mulyatno, B.A. Adietya, dan R A. Mulana, “Strength Analysis of Peti kemas Geladak Construction
  6. MV. Sinar Demak Efect of Charges Peti kemas Using Finite Element Method” Kapal: Jurnal Ilmu
  7. Pengetahuan dan Teknologi Kelautan, vol 9. no. 1, pp 24-29, Jan. 2013
  8. N.S. Riyanto, H. Yudo, dan A. Trimulyono, "Analisa Kekuatan Deck Akibat Perubahan Muatan Pada
  9. Tongkang TK.Nelly-34," Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 8, no. 3, pp. 454-460, Jul. 2020
  10. B. A. Adietya, B. Arifin, “Analisa Kekuatan Geladak Pada Ponton Batubara Prawiramas Puri Prima II
  11. DWT Dengan Software Berbasis Metode Elemen Hingga” Jurnal Teknik Perkapalan
  12. Universitas Diponegoro Vol. 8. No. 1, pp 11-16, Februari 2011
  13. A. A. Romani, I. P. Mulyatno, dan G. Rindo, "Analisa Kekuatan Modifikasi Konstruksi Geladak Utama
  14. Kapal Lct Vip Jaya 893 Gt Dengan Metode Elemen Hingga," Jurnal Teknik Perkapalan, Vol. 3, No. 2,
  15. May. 2015
  16. I.P. Mulyatno and A. Pratama, “Analisa Kekuatan Konstruksi Car Deck Pada Kapal KM. Dharma Ferry
  17. Dengan Metode Elemen Hingga,” Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelautan, vol. 8, no. 2,
  18. pp. 53-61, Feb. 2012
  19. D.M. Rosyid, D. Setyawan, Kekuatan Struktur Kapal, Jakarta, Pradnya Paramita, 2000
  20. Biro Klasifikasi Indonesia Rules For Hull. Vol. II. Jakarta. Biro Klasifikasi Indonesia 2021
  21. Logan, L. Daryl . A First Course in the Finite Element Methode, Canada. Chris Carson. 2007
  22. M.N. Misbah, D. Setiawan, dan W.M Dananjaya, “Construction strength analysis of landing craft tank
  23. conversion to passenger ship using finite element method” Department of Naval Architecture,
  24. Faculty of Marine Technology, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, 2018
  25. Korean Register of Shipping. “Rules for the Classification of Steel Ships”. 2021
  26. S. Haris, J. Amdahl, "Analysis of ship-ship collision damage accounting for bow and side
  27. deformation interaction", Marine Structures, Vol. 32, pp 18-28, July, 2013
  28. E.P. Popov, Mekanika Teknik, Erlangga, Indonesia, 1996

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.