skip to main content

Analisa Reschedule Repair Kapal Survey Geomarin-III 649 DWT Dengan Menggunakan Critical Path Method

*M. Andi Handrian  -  Department of Naval Enginering,Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Imam Pujo Mulyatno  -  Department of Naval Enginering,Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Parlindungan Manik  -  Department of Naval Enginering,Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Geomarin
Abstract

Dalam pelaksanaan proyek reparasi sering sekali perencanaan proyek tidak berjalan sesuai dengan apa yang direncanakan dan dijadwakalkan, maka dari itu penerapan metode penjadwalan menjadi hal yang sangat diperhitungkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan main schedule yang lebih baik baik, mengetahui network planning yang diterapkan serta jalur kritis pekerjaan. Penelitian ini menggunakan metode Critical Path Method dalam analisa penjadwalan proyek kapal Geomarin III yang melakukan reparasi di galangan PT. Dok Bahari Nusantara, Cirebon. Pada proyek reparasi kapal Geomarin III yang dilakukan membutuhkan waktu selama 20 hari namun setelah dilakukannya crashing pada pekerjaan tertentu khususnya 5 pekerjaan, dengan cara penambahan tenaga kerja,pengerjaan proyek menjadi 16 hari, sehingga terjadi penurunan biaya keseluruhan proyek sebesar 6% dari yang semula Rp. 163.670.000 menjadi Rp. 153.790.000. Dalam penelitian ini perhitungan produktivitas berfokus pada pekerjaan pengecatan lambung bagian atas, dengan biaya yang dibutuhkan sebelum dilakukan crashing sebesar Rp. 9.100.000. Setelah dilakukan nya crashing selama 4 hari terjadi penurunan biaya sebesar 20% dengan cara penambahan tenaga kerja sebanyak 7 orang, maka biaya yang dibutuhkan menjadi sebesar Rp. 7.280.000. Hal ini terjadi karena pekerjaan yang semula melakukan lembur kerja selama 2 hari menjadi tidak ada lembur karena dilakukan crashing, namun jumlah mandays nya tetap sama dikarenakan jumlah pekerja yang bertambah dan hari kerja yang berkurang

Fulltext View|Download
Keywords: Critical Path Method;Rechedule Repair;Crashing
  1. T. Ahola and A. Davies, “Insights for the governance of large projects: Analysis of organization theory and project management: Administering uncertainty in Norwegian offshore oil by Stinchcombe and Heimer,2012
  2. H. Kerzner, Project management: a systems approach to planning, scheduling, and controlling. John Wiley & Sons, 2017
  3. P. Maranresy, B. F. Sompie, and P. Pratasis, “Sistem Pengendalian Waktu Pada Pekerjaan Konstruksi Jalan Raya Dengan Menggunakan Metode CPM,” J. Sipil Statik, vol. 3, no. 1, 2015
  4. A. M. Aliyu, “Project management using Critical Path Method (CPM): A pragmatic study,” Glob. J. Pure Appl. Sci., vol. 18, no. 3–4, pp. 197–206, 2012
  5. S. Zareei, “Project scheduling for constructing biogas plant using critical path method,” Renew. Sustain. Energy Rev., vol. 81, pp. 756–759, 2018
  6. G. Regatama, W. Amiruddin, and I. P. Mulyatno, “Analisis Network Planning Reparasi Kapal SPB TITAN 70 Dengan Metode Critical Path Method,” J. Tek. Perkapalan, vol. 7, no. 4, 2019
  7. S. W. Sriningsih and U. Wiwi, “Analisa Network Planning Reparasi KM Berlin Nakroma dengan Metode CPM Untuk Mengantisipasi Keterlambatan Penyelesaian Reparasi Kapal di PT. DOK dan Perkapalan Surabaya,” J. Tek. Mesin, vol. 4, no. 02, 2016
  8. S. Anggriawan, “Analisa Network Planning Reparasi Km Tonasa Line Viii Dengan Metode Cpm Untuk Mengantisipasi Keterlambatan Penyelesaian Reparasi (Studi Kasus di PT. Dok dan Perkapalan Surabaya),” J. Tek. Mesin, vol. 3, no. 03, 2015
  9. A. Ahmadi, S. Suparno, O. S. Suharyo, and A. D. Susanto, “Time Scheduling And Cost Of The Indonesian Navy Ship Development Project Using Network Diagram And Earned Value Method (Evm)(Case Study Of Fast Missile Boat Development),” J. ASRO-STTAL-INTERNATIONAL J., vol. 9, no. 2, pp. 87–106, 2018
  10. F. S. Blaga, I. Stuanuacsel, A. Pop, V. Hule, and D. Craciun, “Assembly project management of a suspended conveyor,” in IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, vol. 568, no. 1, p.12012, 2019

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.