skip to main content

Analisa Olah Gerak Ponton Bentuk Segi Enam Dengan Penambahan Heaving Plate Segi Enam Pada Gelombang Reguler Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamic (CFD)

*Roby Widiyanto  -  Departement Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Eko Sasmito Hadi scopus  -  Departement Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Kiryanto Kiryanto scopus  -  Departement Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Ponton adalah salah satu platform bangunan apung yang biasa digunakan untuk banyak keperluan pemanfaatan sumber daya laut, salah satunya untuk konversi energi yang memanfaatkan gelombang dan selanjutnya menghasilkan nilai olah gerak tertentu. Dalam penelitian untuk mengetahui variasi nilai olah gerak, maka digunakan tambahan platform berupa heaving plate yang dipasang di bagian bawah ponton dengan penghubung konstruksi tiang yang disebut spar. Dengan tambahan platform tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh dari heaving plate dengan beberapa variasi luas area heaving plate terhadap nilai olah gerak ponton serta menjadikan penelitian ini sebagai acuan untuk penelitian berikutnnya yang serupa. Maka dari itu, dalam penelitian ini metode yang dipakai adalah simulasi pada software CFD berupa analisa olah gerak (seakeeping) dengan variasi luas area heaving plate,  gelombang, sarat ponton, dan ketinggian spar. Nilai olah gerak heaving terbesar terjadi pada ponton dengan heaving plate 120 dengan spar 67 pada gelombang 2 di sarat 0,5H, dengan nilai sebesar 12,69 mm/mm. Nilai olah gerak pitching terbesar terjadi pada ponton dengan heaving plate 120 dengan spar 67 pada gelombang 2 di sarat 0,5H, dengan nilai sebesar 7,10o/mm. Dan nilai olah gerak rolling terbesar terjadi pada ponton dengan heaving plate 80 dengan spar 33 pada gelombang 1 di sarat 0,5H, dengan nilai sebesar 0,05o/mm. Dari hasil penelitian ini bisa disimpulkan bahwa luas area heaving plate sangat berpengaruh terhadap nilai olah gerak, yang didukung oleh pengaruh gelombang, sarat ponton, dan juga ketinggian spar.
Fulltext View|Download
Keywords: Heaving; Pitching; Rolling; Heaving Plate; Spar; Added Mass; CFD
  1. V.J. Kurian, and Yassir Abbas , “Responsse Of Semisubmersible Platform By Morison Equation And Diffraction Theory”, Conference on Buildings and Infrastructure Technology, Malaysia, 2010
  2. Y. B. Mustofa and I. S. Arief, “Analisa Gerakan Ponton Model Tripod untuk Energi Gelombang Sistem Bandulan” J. Teknik ITS, vol. 1, pp. 203–206, 2012
  3. S. Kim, “CFD as a seakeeping tool for ship design,” Int. J. Nav. Archit. Ocean Eng., vol. 3, no. 1, pp. 65–71, 2011
  4. Edward M, Lewandowski. The Dynamics Of Marine Craft: Maneuvering And Seakeeping. Singapore: Ligben Librarian, 2009
  5. M. Iqbal, and G. Rindo, “Optimasi Bentuk Demihull Kapal Katamaran Untuk Meningkatkan Kualitas Seakeeping”. Kapal: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Kelautan. vol. 12, no. 1, pp. 19–24, 2015
  6. Korotkin, Alexander I, “Added Mass of Ship Structure”, Krylov Shipbuilding Research Institute, ST. Petersburg, 2007
  7. Burak Tunç ÇEKİRDEKÇİ,. CFD Applications for Seakeeping Calculations of Floating Bodies, M.Sc. Thesis, Istanbul Technical University, Istanbul, 2015
  8. Brown, C, Adam. Thompson, Jim. and Rusch, Curtis, “Hydrodynamic Coefficient of Heave Plate, With Application to Wave Energy Converter”, IEE Journal of Oceanic Engineering., 1-2, 2018
  9. Brown, C, Adam. and Thompson, Jim, “Heaving Plate Dynamic For A Point Absorbing Wave Energy Converter”, 3rd Marine Energy Technology Symposium., 1-2, 2015
  10. Hadi, E.S., Iqbal, M., Wibawa, A., Ojo, K., and Karnoto (2020). “Experimental Studies of Interaction Forces that Affect the Position of Vertical Plates on Oscillating Heave Plates with Cylindrical Bodies in Regular Waves. International Journal of Renewable” Energy Development, 9(1), 77-84
  11. Sen, Thanh, Do. And Vinh, Canh, Tran. “Determination of Added Mass and Inertia Moment in Marine Ship Moving in 6 Degrees of Freedom”, International Journal of Transportation Engineering and Technology, Vol. 2, no. 1, pp. 8-14, 2016

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.