skip to main content

Analisa Respon Struktur Kapal Perintis 750 DWT Terhadap Beban Gelombang di Perairan Indonesia

*Betari Afwa Risetia  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro
Ahmad Fauzan Zakki  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro
Muhammad Iqbal  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Citation Format:
Abstract

Upaya pemerintah dalam perkembangan sektor maritim yaitu dengan mencanangkan program tol laut. Untuk memenuhi kebutuhan pelayaran nasional, banyak dibangun kapal perintis yang mengangkut penumpang dan barang. Kelayakan struktur kapal yang ada diperlukan agar dapat dioperasikan. Seperti penelitian yang telah ada sebelumnya, akan dilakukan analisa respon struktur kapal perintis 750 DWT terhadap beban gelombang di perairan atlantik utara dan Indonesia. Analisa yang dilakukan bertujuan untuk mencari nilai tegangan maksimum yang terjadi pada kondisi sagging dan hogging di dua perairan. Software FEM yang digunakan adalah Ansys Hydrodynamic Response untuk menganalisa respon gerak kapal dan respon struktur kapal pada Solidworks. Hasil yang didapat dari simulasi berupa nilai tegangan maksimum atlantik utara pada kondisi sagging 150.695 MPa, dan di kondisi hogging sebesar 139.341 MPa. Sedangkan nilai tegangan maksimum di perairan Indonesia pada kondisi sagging adalah 122.494 MPa, dan kondisi hogging 122.288 MPa. Adapun Hasil perhitungan tegangan ijin berdasarkan rules yaitu 141.5 MPa. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan ketiga nilai tegangan maksimum dua perairan di tiap kondisi telah memenuhi tegangan yang diijinkan, kecuali nilai tegangan maksimum perairan atlantik utara pada saat sagging.

Fulltext View|Download
Keywords: Tegangan;FEM;Respon Struktur;Solidworks
  1. A.C. Giri, E.S. Hadi, dan A.F. Zaki. 2017.“analisa pengaruh sudut masuk kapal perintis 750 dwt terhadap resistance kapal dengan mengunakan metode computational fluid dynamic(cfd)”.Jurnal Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro, Vol.5, No.3
  2. Darmastuti, Melati, A.F. Zakki, dan G. Rindo. 2019. “Analisa Respon Struktur pada Kapal Oil Tanker 149 m dengan Beban Kombinasi di Perairan Indonesia dan Atlantik Utara”. Jurnal Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro, Vol.7, No.4
  3. D.S. Frima, A.F. Zakki, dan Imam Pujo. 2018. “Analisa Perbandingan Desain Konstruksi Kapal Bulk Carrier di Perairan North Atlantic Ocean dan Indonesian Waterways dengan Menggunakan Regulasi BKI”.Jurnal Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro, Vol.6, No.1
  4. A.S. Kurniawan, dkk.2017. “Analisa Perbandingan Respon Struktur Kapal Ro-Ro Passenger 99 M di North Atlantic Ocean & Indonesian Waterways”. Jurnal Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro, Vol.5, No.4
  5. Ramadhan, Akbar.2018. Laporan Pelatihan Ansys.Jakarta: PT. Biro Klasifikasi Indonesia (Persero)
  6. Ross, C.T.F. 1985. Finite Element Methods in Structural Mechanic. Chicherter: Ellis Horwood Ltd
  7. Y.A. Pratama, A. Sulisetyono, T. Putranto. 2016. “Analisis Tegangan Akibat Beban Gelombang pada Struktur Kapal Perang Tipe Corvette”. JURNAL TEKNIK ITS Vol.5 No.2
  8. IACS. 2001. IACS Recommendation No.34 Standard Wave Data.United Kingdom.IACS
  9. BKI. 2019. Rules For Hull. Vol.II. Jakarta: Biro Klasifikasi Indonesia
  10. Popov, E.P. 1996. Mekanika Teknik. Erlangga. Indonesia

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.