BibTex Citation Data :
@article{JTP27020, author = {Mohammad Setiawan and Deddy Chrismianto and Berlian Adietya}, title = {Perancangan Kapal Selam Wisata dengan Kapasitas 25 Penumpang}, journal = {Jurnal Teknik Perkapalan}, volume = {8}, number = {4}, year = {2020}, keywords = {perancangan kapal selam; stabilitas; hambatan; polygon equilibrium}, abstract = { Indoensia adalah negara kepulauan dengan 2/3 wilayahnya adalah perairan. Karena memiliki wilayah perairan yang luas tentu menjadikan wisata bawah laut memiliki daya tarik tersendiri dengan adanya terumbu karang yang menjadi habitat bagi berbagai spesies ikan dan biota laut lainnya. Dalam upaya meningkatkan potensi wisata bahari di Indonesia, kapal selam wisata dirasa bisa menjadi daya tarik baru untuk dapat menikmati keindahan bawah laut. Pada penelitian ini membahas perancangan kapal dengan metode perhitungan regresi linear sederhana, dengan analisis hambatan, stabilitas dan polygon equilibrium. Sehingga didapatkan ukuran utama kapal berupa LOA = 12.1 m, H = 3.837 m, B = 3.13 m dengan kapasitas penumpang berjumlah 25 orang. Kapal yang memiliki nilai hambatan sebesar 5772.56 N pada kecepatan 3 knots dan memiliki berat 54.62 ton pada saat kondisi menyelam, serta memiliki nilai GZ max = 0.287 m dan Initial GMt = 0.256 m pada sudut oleng 90º yang memenuhi kriteria IMO untuk nilai maksimum GZ dan initial GMt pada saat melakukan docking maupun pengisian udara di permukaan. }, pages = {481--490} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/27020} }
Refworks Citation Data :
Indoensia adalah negara kepulauan dengan 2/3 wilayahnya adalah perairan. Karena memiliki wilayah perairan yang luas tentu menjadikan wisata bawah laut memiliki daya tarik tersendiri dengan adanya terumbu karang yang menjadi habitat bagi berbagai spesies ikan dan biota laut lainnya. Dalam upaya meningkatkan potensi wisata bahari di Indonesia, kapal selam wisata dirasa bisa menjadi daya tarik baru untuk dapat menikmati keindahan bawah laut. Pada penelitian ini membahas perancangan kapal dengan metode perhitungan regresi linear sederhana, dengan analisis hambatan, stabilitas dan polygon equilibrium. Sehingga didapatkan ukuran utama kapal berupa LOA = 12.1 m, H = 3.837 m, B = 3.13 m dengan kapasitas penumpang berjumlah 25 orang. Kapal yang memiliki nilai hambatan sebesar 5772.56 N pada kecepatan 3 knots dan memiliki berat 54.62 ton pada saat kondisi menyelam, serta memiliki nilai GZ max = 0.287 m dan Initial GMt = 0.256 m pada sudut oleng 90º yang memenuhi kriteria IMO untuk nilai maksimum GZ dan initial GMt pada saat melakukan docking maupun pengisian udara di permukaan.
Last update:
Jurnal Teknik Perkapalan oleh http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License