Reschedule Reparasi Kapal KN.KUMBA 470 DWT Dengan Critical Path Method Di Galangan Semarang

*Yuliana Tri Andhani  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro
Received: 27 Feb 2020; Published: 6 Apr 2020.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Penyelesaian proyek docking repair pada kapal sering tidak sesuai dengan jadwal yang ada dalam kontrak awal.Serta sering adanya pekerjaan tambah maupun kurang dalam proses aktualnya dilapangan yang dapat berdampak pada schedule yang sudah ada sehingga dapat mengakibatkan keterlambatan penyelesaian pekerjaan. Network Planning merupakan metode yang digunakan untuk mencapai kesuksesan target schedule pada proyek. Penelitian ini membutuhkan data berupa repair list serta main schedule. Sehingga dapat dilakukan analisis aktivitas yang menjadi bagian kritis pada proyek docking repair kapal KN.KUMBA. dengan menggunakan Critical Path Method dan dibantu Software Microsoft Project, pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisis produktifitas tenaga kerja yang dihasilkan setiap harinya sehingga didapatkan network planning dengan lintasan kritis yang lebih efisien pada proyek docking repair kapal KN.KUMBA di PT. Yasa Wahana Tirta Samudera Semarang. Hasil menunjukkan nilai  diagram network mengalami kemajuan dari durasi awal 50 hari menjadi 41 hari untuk pekerjaan induk dengan adanya 12 lintasan kritis dan 42 hari untuk pekerjaan tambah dengan adanya 17 lintasan kritis dengan nilai slack nol. Maka proyek mengalami crashing dengan adanya penambahan tenaga kerja serta jam kerja. Pada proyek docking repair pada kapal KN.KUMBA di PT. Yasa Wahana Tirta Samudera Semarang dihasilkan nilai produktifitas sebesar 23,8 kg/hari/orang pada replating konstruksi bagian dalam.

Article Metrics: