Analisa Pengaruh Penambahan Hull Fixed Fin dengan Variasi Foil dan Sudut Serang terhadap Gaya Angkat dan Hambatan Kapal

*Muhammad Ikhsan  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Parlindungan Manik  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Mahendra Indiaryanto  -  Laboratorium Hidrodinamika Indonesia, Balai Teknologi Hidrodinamika, Balai Pengkajian dan Pengembangan Teknologi, Indonesia
Received: 18 Dec 2019; Published: 20 Dec 2019.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Penambahan variasi Fixed Fin pada badan kapal dapat dilakukan untuk mengurangi nilai hambatan kapal tersebut. Penambahan variasi Fixed Fin pada badan kapal memiliki tujuan untuk menghasilkan gaya angkat dan mengurangi aliran turbulen yang disebabkan oleh gelombang divergen (Diverging Wave) yang bergerak menyebar ke samping dari kapal, yang kemudian bergerak sepanjang garis lurus pada permukaan air. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gaya angkat dan hambatan dari setiap desain kapal yang telah divariasikan sehingga dapat memberikan alternatif desain penerapan Fixed Fin pada lambung kapal. Penelitian dilakukan dengan beberapa uji analisis model dengan metode CFD. Dengan variasi model yang berbeda dan pada kecepatan yang berbeda. Hasil penelitian ini menunjukan dari enam model variasi yang sudah dianalisa didapat model Fixed Fin dengan konfigurasi Foil NACA 0021 dengan sudut serang 7 derajat pada Froude Number 0,226 memiliki hasil yang paling optimum dari hasil yang lainnya mengurangi nilai hambatan sebesar 9,43%. Konfigurasi penempatan, luas area dan sudut serang sangat berpengaruh terhadap gaya angkat yang dihasilkan oleh Fixed Fin dan hambatan total kapal.

Article Metrics: