skip to main content

Studi Perencanaan Kapal Mothership untuk Nelayan Kabupaten Rembang

*Muhammad Afiq Ardianto  -  Jurusan S1 Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro, Indonesia
Wilma Amiruddin  -  , Indonesia
Untung Budiarto  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Perencanaan kapal mothership yang direncanakan beroperasi di Kabupaten Rembang dibutuhkan guna mengatasi overfishing yang terjadi di Laut Jawa. Tujuan dari penelitian ini untuk menentukan ukuran utama kapal mothership guna menampung kebutuhan suplai ikan yang biasanya didaratkan oleh kapal-kapal nelayan dengan tinjauan utama pada factor hambatan dan stabilitas dan analisis ekonomi dengan menggunakan criteria NPV, IRR, dan PP. Metode yang digunakan yaitu dengan mendesain kapal dengan kapasitas yang telah disesuaikan dengan kebutuhan tempat pelelangan ikan di Kabupaten Rembang. Dari desain tersebut didapatkan ukuran utama lambung adalah LWL : 41,94 m LPP : 40,34 m B : 7,04 m T : 3,66 m H : 5,0 m Cb : 0,60 m. kapasitas fish hold untuk melayani kapal nelayan adalah 428,32 m3. Analisa stabilitas didapatkan mothership memiliki stabilitas yang baik sesuai dengan IMO, A.749 Code on Intacts Stability Applicable for All Ship. Hasil analisa ekonomis yang telah dilakukan didapatkan bahwa keuntungan bersih mothership per tahun sebesar Rp 509.589.000,00 dan dinilai layak investasi dengan  Net Present Value NPV dengan hasil positif Rp14.452.798.000,00 dan IRR 25,95% pada bunga 10%. Pendapatan per tahun nelayan yang dibantu oleh kapal mothership juga meningkat sebesar Rp 174.436.600,00 dibandingkan sebelumnya.

Fulltext View|Download
Keywords: Perencanaan; Mothership; Rembang; Teknis; Ekonomi; Nelayan
  1. KKP. 2014. Kelautan dan Perikanan dalam Angka
  2. Sutari, Tiara. 2016. Diambil dari http://cnnindonesia.com/nasional/20161117201518-20-173409/pantura-overfishing-kkp-akan-pindahkan-nelayan-ke-area-baru/laut (20 Oktober 2017)
  3. Traung, Olof. 1955. “Fishing Boat of The World.” England : Fishing New Books Ltd
  4. Fyson, John. 1986. “Design of Small Fishing Vessel.” England : Fishing New Books Ltd
  5. Mulyatno. Imam Pujo, Jatmiko. Sukanto, Susilo. Fajar, “ANALISA INVESTASI KAPAL IKAN PURSEINER 30 GT”. KAPAL, Vol. 15 No. 2 Juni 2018
  6. Nugraheni, Hestyavida. Rosyid, Abdul. Boesono, Herry. “ANALISIS PENGELOLAAN PELABUHAN PERIKANAN PANTAI TASIKAGUNG KABUPATEN REMBANG UNTUK PENINGKATAN PRODUKSI PERIKANAN TANGKAP.” Journal of Fisheries Resources Utilization Management and Technology, Vol 2, No. 1, 2013
  7. Imanda, Sakti Nur. Setiyanto, Indradi. Hapsari, Trisnani Dwi. 2016. “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL TANGKAPAN KAPAL MINI PURSE SEINE DI PELABUHAN PERIKANAN NUSANTARA PEKALONGAN”. Semarang. Journal of Fisheries Resources Utilization Management and Technology, Vol. 5, No. 1 2016
  8. DGM, Watson. 1998. Practical Ship Design. Amsterdam : Elsevier Science
  9. IMO, A.749 Code on Intacts Stability Applicable for All Ship
  10. Sunyoto, Danang. 2014. Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta : Center of Academic Pubishing Service

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.