Analisa hambatan kapal perintis 750 DWT akibat penambahan wedge dengan variasi sudut dan bentuk menggunakan metode Computational Fluid Dynamic (CFD)

*Ricky Tri Haryadi  -  , Indonesia
Eko Sasmito Hadi  -  , Indonesia
Ahmad Fauzan Zakki  -  , Indonesia
Received: 16 Dec 2019; Published: 19 Dec 2019.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Perkembangan teknologi di dunia perkapalan saat ini sudah banyak diaplikasikan pada kapal. Hal itu sangat penting karena dapat meningkatkan performa kapal, teknologi itu diantaranya adalah mengurangi hambatan kapal. Salah satu inovasi untuk mengurangi hambatan kapal adalah dengan menambahkan wedge pada kapal. Wedge adalah suatu tambahan bentuk yang menempel di lambung kapal bagian buritan kapal dan di bawah garis air yang dapat memperbaiki aliran air pada area buritan kapal. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan desain wedge terbaik dalam variasi bentuk dan sudut untuk menghasilkan hambatan mana yang paling baik. Pada penelitian ini penulis menggunakan software Rhinocheros untuk merancang desain dan menggunakan software berbasis CFD untuk mendapatkan hasil simulasi yaitu Tydn. Hasil analisa dalam penelitian ini menghasilkan hambatan pada model variasi terjadi pengurangan dan penambahan. Pengurangan hambatan terjadi pada model stern flap pada setiap sudut dan kecepatan, pengurangan hambatan terbesar terjadi  di kecepatan rendah 10 knot pada sudut 2 derajat sebesar 4,23%. Penambahan hambatan terjadi pada model trim wedge sebesar 2,61% dan trim wedge flap sebesar 8,92%. Faktor terjadinya penambahan dan  pengurangan hambatan karena distribusi tekanan dan pola aliran air yang terjadi di daerah buritan kapal. Dari ketiga model tersebut yang memiliki nilai hambatan terkecil dan efisien adalah model stern flap.

Keywords: : Stern; Wedge; Flap; Hambatan; Tydn; Rhinoceros; CFD

Article Metrics:

  1. H. Sid’qon. “Kajian Bentuk Stern Hull Kapal Shallow Draft Untuk Meningkatkan Performance Kapal,” M. S. Thesis, Institut Teknlogi Sepuluh Nopember, Surabaya, 2015.
  2. A. D. Alfian, E. S. Hadi, D. Chrismianto, “Analisa Hambatan Akibat Penambahan Stern Wedge Pada Kri Todak Menggunakan Metode Cfd (Computational Fluid Dynamic),” J. Tek. Perkapalan, vol. 4, no. 10, pp. 779-786, 2016.
  3. M. A. Alamsyah, Analisis Computational Fluid Dynamic Terhadap Hambatan Crew Boat Dengan Penambahan Integrated Wedges-Flap. Surabaya: Institut Teknlogi Sepuluh Nopember, 2017.
  4. E. Jadmiko, I. Syarif, L.Arif, “Comparison of Stern Wedge and Stern Flap on Fast Monohull Vessel Resistance,” International Journal of Marine Engineering Innovation and Research, vol. 3, no. 2, pp. 041-049, 2018.
  5. A. Y. Setiawan, W. D. Aryawan, Modifikasi Bentuk Buritan Pada Shallow Draft Bulk Carrier Untuk Meningkatkan Efisiensi Sistem Propulsi. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2014.
  6. M. Aktivano. Analisa Penambahan Stern Flap pada Kapal Hull Planing Chine Axe Bow Pengaruhnya Terhadap Tahanan Kapal. Surabaya: Institut Teknlogi Sepuluh Nopember, 2017.
  7. J. Harumbinang, E. S. Hadi, D. Chrismianto, “Analisa Hambatan Akibat Penambahan Stern Flap Pada Kapal Kri Todak Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamic (CFD),” J. Tek. Perkapalan, vol. 4, no.4, pp. 758-767, 2016.
  8. G. Karafiath, D. S. Cusanelli, Combined Wedge-Flap For Improved Ship Powering. Washington, DC: The United States of America as represented by the Secretary of the Navy, 2000.
  9. D. Hermanto, Analissa Peningkatan Performa Sea Keeping Kapal Catamaran Mengunakan Center Bulb dan Bulbosbow dengan Menggunakan Metode CFD. Semarang: Universitas Diponegoro. 2016
  10. M. Iqbal. “Kajian eksperimental dan numerik pengaruh perairan dangkal dan sedang terhadap hambatan kapal trimaran dengan variasi posisi side hull,” M.S. Thesis, Institut Teknlogi Sepuluh Nopember, Surabaya, 2014.