RANCANG BANGUN SISTEM REFRIGERATED SEA WATER (RSW) UNTUK KAPAL NELAYAN TRADISIONAL

*Heru Firmansyah  -  Program Studi S1 Teknik Perkapalan, Indonesia
Untung Budiarto  -  Program Studi S1 Teknik Perkapalan, Indonesia
Kiryanto Kiryanto  -  Program Studi S1 Teknik Perkapalan, Indonesia
Published: .
Open Access
Citation Format:
Abstract

Pada saat ini sistem pendingin telah banyak digunakan dibidang perkapalan, baik pada kapal niaga maupun kapal perikanan. Namun hal ini tidak ditemukan pada kapal nelayan tradisional jenis Cukrik, yang belum memiliki sistem pendingin khusus untuk menangani masalah penurunan kualitas hasil tangkapannya. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu dilakukan pembuatan Refrigerated Sea Water (RSW) yang aplikatif untuk kapal nelayan tradisional.

Tahapan dari penelitian ini yaitu menghitung beban pendingin yang merupakan dasar untuk menentukan komponen-komponen RSW seperti daya kompresor, kondensor dan evaporator. Selanjutnya hasil perakitan sistem RSW ini dilakukan pengujian di laboratorium.

Dari perancangan ini didapatkan sebuah prototipe sistem RSW yang sederhana untuk kapal nelayan tradisional jenis Cukrik dengan kapasitas palka sebesar 0,095 m3. Pada saat dilakukan pengujian temperatur palka tanpa menggunakan air dibutuhkan waktu 1 jam untuk menghasilkan temperatur 0 0C, sedangkan pengujian dengan menggunakan air laut dibutuhkan waktu 7 jam untuk menghasilkan temperatur 5 0C. Sebelum diaplikasikan di kapal perlu dilakukan analisa stabilitas menggunakan software, berdasarkan analisa tersebut didapatkan perubahan stabilitas pada titik GZ berkurang 0,012 m sedangkan untuk titik GM berkurang 0,016 m
Keywords: Sistem Pendingin, Refrigerated Sea Water (RSW), Kapal Nelayan Tradisional

Article Metrics: