Analisa Teknis Kapal Ikan 33 GT Tipe Slerek

Windu Suryotanjung  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro (Instansi Penulis), Indonesia
*Wilma Amiruddin  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro (Instansi Penulis), Indonesia
Good Rindo  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro (Instansi Penulis), Indonesia
Received: 17 Oct 2019; Published: 17 Dec 2019.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Kapal tradisional adalah kapal yang pada umumnya dibangun berdasarkan tradisi dan pengetahuan yang diberikan secara turun menurun. Kondisi demikian memungkinkan terjadinya perbedaan karakteristik teknis dalam tinjauan akademiknya. Salah satu kapal tradisional yang masih beroperasi adalah kapal slerek. Kapal slerek KM. Juara 2 adalah salah satu kapal tradisional yang beroperasi di perairan Banyuwangi.  Tujuan penelitian ini adalah melakukan analisa terhadap hambatan, stabilitas dan olah gerak kapal. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teori-teori bangunan kapal. Hasil penelitian pada kapal KM. Juara 2 adalah kapal memiliki hambatan total 10,2 kN pada kecepatan tertinggi, stabilitas memenuhi standar kriteria IMO, dan olah gerak kapal memenuhi standar Tello yang telah ditentukan. Kemiringan terbesar terjadi pada rolling dengan kecepatan terbesar yakni sebesar 3,61 deg.

Keywords: Kapal purseseine; hambatan; stabilitas; olah gerak

Article Metrics:

  1. BPS-Bappeda Kabupaten Banyuwangi., 2018, Banyuwangi dalam angka, BPS Kabupaten Banyuwangi.
  2. S. Ardidja, Kapal Penangkap Ikan Sekolah Tinggi Perikanan, Teknologi Penangkapan Ikan. Jakarta, 2007.
  3. J. Fyson, Design of Small Fishing Vessels. Farnham-Surrey (GB): Fishing News Book Ltd, 1985.
  4. A. Wibawa, “Analisa Devinisi Kapal Ikan Purse Seine 109 Gt Km. Surya Redjeki”, 2010.
  5. A. Fadlilah, “analisa pengaruh penggantian alat tangkap alternatif jaring insang dan jaring lingkar terhadap stabilitas serta olah gerak kapal tradisional trawls juwana,” 2017
  6. M. Enrico, “Analisa Stabilitas Dan Olah Gerak Kapal Ikan Tradisional Terhadap Pernggantian Alat Tangkap Cantrang Menjadi Purse Seine Atau Bottom Longline Untuk Daerah Batang”, 2017
  7. S. Arididja, Kapal Penangkap Ikan Progran Studi Penangkapan Ikan, Sekolah Tinggi Perikanan. Jakarta, 2007
  8. IMO, “Code on intact stability for all type of ships covered by IMO instruments,” Resolution A.749(18). pp. 255–337, 1993
  9. Bhattacaryya, R. 1978. Dynamics Of Marine Vehicles. New York : John Willey & Sons Inc.
  10. M. Tello S Ribeiro e Silva, C Guedes Soares. Seakeeping Performance of Fishing Vassels in Irregullar Wave. Elsevier, 2010.
  11. Hind, J. A. 1982. Stability and Trim Of Fishing Vesels And Other Small Ships. Second Edition. Fishing News Book Ltd. Famham, Surrey. England
  12. A. Hardjanto, “Pengaruh Kelebihan dan Pergeseran Muatan di Atas Kapal terhadap Stabilitas Kapal”, 2010