BibTex Citation Data :
@article{JTP25277, author = {Mutmainah Mutmainah and Wilma Amiruddin and Good Rindo}, title = {Analisa Pengaruh Modifikasi Kapal Monohull Menjadi Kapal Trimaran Terhadap Performa Stabilitas dan Olah Gerak Kapal, Studi Kasus Kapal Dongkrok di Jepara}, journal = {Jurnal Teknik Perkapalan}, volume = {8}, number = {1}, year = {2019}, keywords = {}, abstract = { Modifikasi kapal monohull menjadi trimaran dapat memberikan pengaruh teknis terhadap performa kapal. Performa yang dikaji dalam penelitian ini adalah stabilitas dan olah gerak kapal. Modifikasi yang dilakukan dapat memberikan keuntungan antara lain geladak yang lebih luas. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh modifikasi terhadap performa yang dimaksud. Modifikasi tersebut dengan menggunakan model penambahan sidehull dengan bentuk simetris di tengah. Metode yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah membandingkan dua model lambung yaitu tipe monohull dengan tipe trimaran. Analisis dilakukan untuk melihat performa stabilitas dan olah gerak pada kapal monohull dengan kecepatan 10 knots dan 6 knots untuk kapal trimaran. Hasil perhitungan stabilitas menunjukkan baik kapal monohull maupun trimaran telah memenuhi kriteria IMO A.749 (18) dan IMO Code MSC.36(63) HSC Code – Annex 7, Multihulls. Hasil perhitungan stabilitas kapal diperoleh karakteristik stabilitas terbaik dengan nilai GZ max 1,113 m pada kapal trimaran modifikasi, dimana hal ini lebih baik dari stabilitas kapal monohull sebelumnya dengan nilai GZ max 0,44 m. Hasil analisis olah gerak menunjukkan nilai olah gerak kapal trimaran modifikasi mempunyai nilai yang lebih kecil yang membuat kemampuan olah gerak kapal menjadi lebih baik. }, pages = {128--136} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/25277} }
Refworks Citation Data :
Modifikasi kapal monohull menjadi trimaran dapat memberikan pengaruh teknis terhadap performa kapal. Performa yang dikaji dalam penelitian ini adalah stabilitas dan olah gerak kapal. Modifikasi yang dilakukan dapat memberikan keuntungan antara lain geladak yang lebih luas. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh modifikasi terhadap performa yang dimaksud. Modifikasi tersebut dengan menggunakan model penambahan sidehull dengan bentuk simetris di tengah. Metode yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah membandingkan dua model lambung yaitu tipe monohull dengan tipe trimaran. Analisis dilakukan untuk melihat performa stabilitas dan olah gerak pada kapal monohull dengan kecepatan 10 knots dan 6 knots untuk kapal trimaran. Hasil perhitungan stabilitas menunjukkan baik kapal monohull maupun trimaran telah memenuhi kriteria IMO A.749 (18) dan IMO Code MSC.36(63) HSC Code – Annex 7, Multihulls. Hasil perhitungan stabilitas kapal diperoleh karakteristik stabilitas terbaik dengan nilai GZ max 1,113 m pada kapal trimaran modifikasi, dimana hal ini lebih baik dari stabilitas kapal monohull sebelumnya dengan nilai GZ max 0,44 m. Hasil analisis olah gerak menunjukkan nilai olah gerak kapal trimaran modifikasi mempunyai nilai yang lebih kecil yang membuat kemampuan olah gerak kapal menjadi lebih baik.
Last update:
Jurnal Teknik Perkapalan oleh http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License