Analisa Pengaruh Modifikasi Kapal Monohull Menjadi Kapal Trimaran Terhadap Performa Stabilitas dan Olah Gerak Kapal, Studi Kasus Kapal Dongkrok di Jepara

*Mutmainah Mutmainah  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Wilma Amiruddin  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Good Rindo  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Received: 17 Oct 2019; Published: 17 Dec 2019.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Modifikasi kapal monohull menjadi trimaran  dapat memberikan pengaruh teknis terhadap performa kapal. Performa yang dikaji dalam penelitian ini adalah stabilitas dan olah gerak kapal. Modifikasi yang dilakukan dapat memberikan keuntungan antara lain geladak yang lebih luas. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh modifikasi terhadap performa yang dimaksud. Modifikasi tersebut dengan menggunakan model penambahan sidehull dengan bentuk simetris di tengah. Metode yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah membandingkan dua model lambung yaitu tipe monohull dengan tipe trimaran. Analisis dilakukan untuk melihat performa stabilitas dan olah gerak pada kapal monohull dengan kecepatan 10 knots dan 6 knots untuk kapal trimaran. Hasil perhitungan stabilitas menunjukkan baik kapal monohull maupun trimaran telah memenuhi kriteria IMO A.749 (18) dan IMO Code MSC.36(63) HSC Code – Annex 7, Multihulls. Hasil perhitungan stabilitas kapal diperoleh karakteristik stabilitas terbaik dengan nilai GZ max 1,113 m pada kapal trimaran modifikasi, dimana hal ini lebih baik dari stabilitas kapal  monohull sebelumnya dengan nilai GZ max 0,44 m. Hasil analisis olah gerak menunjukkan nilai olah gerak kapal trimaran modifikasi mempunyai nilai yang lebih kecil yang membuat kemampuan olah gerak kapal menjadi lebih baik.

Article Metrics:

  1. Wibowo. B.A , Boesono. H, Aditomo. A. B. “Analisis Kebijakan Terhadap Aktivitas Penangkapan Ikan Nelayan Karimun Jawa Kabupaten Jepara,” JURNAL SAINTEK PERIKANAN, Vol. 8. No. 1, pp. 45-54 2012
  2. BPS-Bappeda Kabupaten Jepara., 2016, Jepara dalam angka, BPS Kabupaten Jepara, Jepara
  3. BPS-Bappeda Kabupaten Jepara., 2017, Jepara dalam angka, BPS Kabupaten Jepara, Jepara
  4. Konstantin, I.M. and Victor, A.D, “Aerodynamic characteristics of a hybrid Trimaran model. ScienceDirect,” Ocean Engineering, vol 34, pp. 616-620, 2006
  5. S. Samuel, S. J. Sisworo, and M. A. Bangun, “Studi Konfigurasi Lambung Kapal Trimaran Dengan Bantuan Computational Fluid Dynamic (Cfd),” Kapal: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelautan, vol. 10, no.3, pp. 132-137, Oct, 2014
  6. Luhulima, R.B. D, Setyawan, Utama, I.K.A.P. “Selecting Monohull, Catamaran And Trimaran As Suitable Passenger Vessel Based On Stability And Seakeeping Criteria.” in The 14 International Ship Stability Workshop (ISSW), 29 September - 1 October 2014, Kuala Lumpur, Malaysia
  7. Richard B., Fella G., R.P. Soumokil, “Studi Korelasi Hambatan dan Seakeeping Kapal Trimaran Untuk Daerah Perairan Maluku, Seminar Nasional” Archipelago Engineering, Ambon, Indonesia, 2018
  8. IMO, "Code on intact stability for all type of ships covered by IMO instruments," in Resolution A.749 (18), pp. 255-337. 1993,
  9. "HSC Code - International Code of Safety for High," International Maritime Organization, 1994
  10. Nordforsk, “Assessment Of Ship Performance In A Seaway : The Nordic Co-Operative Project: ‘Seakeeping Performance Of Ships,’” 1987
  11. Hind, J. A. 1982. Stability and Trim Of Fishing Vesels And Other Small Ships. Second Edition. Fishing News Book Ltd. Famham, Surrey. England, 1982
  12. B. Utomo, “ Pengaruh Ukuran Utama Kapal Terhadap Displacement Kapal, TEKNIK – Vol.31 No. 1, pp 84-90, 2010
  13. D. Paroka, “Karakteristik Geometri Dan Pengaruhnya Terhadap Stabilitas Kapal Ferry RO-RO Indonesia” Kapal: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelautan, ,Februari , 2018
  14. Richard B., Fella G., R.P. Soumokil,, “Studi Korelasi Hambatan dan Seakeeping Kapal Trimaran Untuk Daerah Perairan Maluku,” Seminar Nasional “Archipelago Engineering”, Ambon, Indonesia, 2018