Analisa Performance Propeller Tipe KA4-70 dengan Variasi Flap Angle End Plate dan Sudut Rake
Received: 15 Oct 2019;
Published: 15 Oct 2019.

Abstract
Kaplan Series merupakan jenis propeller yang sering digunakan pada kapal berdaya dorong (thrust) besar. Perencanaan propeller untuk mendapatkan nilai thrust maksimum, torque minimum, serta efisiensi yang tinggi, diberikan variasi-variasi, seperti variasi jumlah daun, sudut rake,penambahan nozzle hingga pemasangan endplate pada ujung daun propeller. Penelitian ini, memvariasikan sudut rake propeller dengan flap angle endplate, tanpa pengurangan diameter propeller, untuk mengetahui performance propeller Kaplan Ka4-70 series yang terbaik, dengan pendekatan numerik berbasis software CFD. Hasil simulasi model dengan penerapan variasi sudut rake dan flap angle endplate memberikan hasil nilai thrust, torque, serta efisiensi yang meningkat dibandingkan nilai dari performa kaplan konvensional. Nilai thrust maksimum diperoleh pada variasi rake 6◦ flap angle endplate 0◦, dengan panjang endplate 100mm, menghasilkan nilai 139835 N. Nilai torque minimum diperoleh pada variasi rake 15◦ flap angle endplate 20◦, dengan panjang endplate 50mm sebesar 41452 N.m. Perhitungan efisiensi menunjukkan variasi rake 6◦ flap angle endplate 0◦ menghasilkan efisiensi terbaik sebesar 0.5514 dengan panjang endplate 50mm.
Keywords: Kaplan Series; Performance propeller; Endplate; Flap Angle; CFD
Article Metrics:
Related articles
Studi Kasus Kinerja Propeller Kaplan Series Akibat Pengurangan Diameter dan Penambahan End Plate dengan Metode CFD
Perancangan Propeller Tipe Kaplan-series pada Kapal Selam Komersial dengan Variasi Sudut Rake dan Jumlah Daun untuk Mengoptimalkan Thrust
Analisa Perbandingan Propeller Berdaun 4 Pada Kapal Trimaran Untuk Mengoptimalkan Kinerja Kapal Menggunakan Metode CFD
ANALISA PERBANDINGAN TIPE KORT NOZZLE TERHADAP GAYA DORONG PROPELLER DENGAN METODE CFD
Analisa Efisiensi Propeller Tipe Kaplan Series Pada Kapal Tug Boat dengan Variasi Blade Area Ratio, Jumlah Daun dan Pitch Ratio Menggunakan CFD
- A. F. Molland, The Maritime Engineering Reference Book. UK: Oxford University, 2010
- P. Manik, Buku Ajar Propulsi Kapal. Semarang: Jurusan Teknik Perkapalan, UNDIP, 2015
- VEEM Ltd, “The VEEM Kaplan Series,” 2015. [Online]. Available: https://veempropellers.com/propeller-range/veemkaplan-series/. [Accessed: 02-Apr-2019]
- G. Kuiper, “New developments and propeller design,” J. Hydrodyn., vol. 22, no. 5 SUPPL. 1, pp. 7–16, 2010
- G. P. Wibowo, D. Chrismianto, and B. A. Adietya, “Analisa Nilai Thrust Optimum Propeler B4-70, Ka4-70 Dan Au4-59 Pada Kapal Tugboat Pelabuhan Paket-Ii 2x1850hp Dengan Variasi Sudut Rake Menggunakan CFD,” J. Tek. Perkapalan, vol. 5, no. 1, pp. 27–37, 2017
- A. Trimulyono and Kiryanto, “Analisa Efisiensi Propeller B-Series Dan Kaplan Pada Kapal Tugboat Ari 400 Hp Dengan Variasi Jumlah Daun,” J. Tek. Perkapalan, vol. 12, no. 2, pp. 112–120, 2015
- A. Ommundsen, “Unconventional Propeller Tip Design,” no. June, 2015
- G. Gennaro and J. Gonzalez-Adalid, “Improving the propulsion efficiency by means of Contracted and Loaded Tip (CLT) propellers,” Soc. Nav. Archit. Ma-rine Eng. Athens, Greece, 2012
- A. Sánchez-Caja, J. González-Adalid, M. Pérez-Sobrino, and I. Saisto, “Evaluation of endplate impact on tip loaded propeller performance using a RANSE solver,” Int. Shipbuild. Prog., vol. 61, no. 1–2, pp. 103–128, 2014
- Y. R. Andilolo, P. Manik, and M. Iqbal, “Studi Kasus Kinerja Propeller Kaplan Series Akibat Pengurangan Diameter dan Penambahan End Plate dengan Metode CFD,” J. Tek. Perkapalan, vol. 5, no. 1, pp. 205–213, 2017
- A. Sánchez-Caja, J. González-Adalid, M. Perez-Sobrino, and I. Saisto, “Study of End-Plate Shape Variations for Tip Loaded Propellers Using a RANSE Solver,” 29th Symp. Nav. Hydrodyn., no. August, pp. 26–31, 2012
- M. M. Bernitsas, KT KQ and Efficiency Curves for the Wageningen B-Series Propellers. Michigan: University of Michigan, 1981
- M. Brown et al., “Improving Propeller Efficiency Through Tip Loading,” no. February 2015, 2014