skip to main content

STUDI PERANCANGAN KAPAL BACKHOE DREDGER DENGAN BAHAN FIBERGLASS UNTUK MENGURANGI TUMBUHAN ENCENG GONDOK DI DANAU RAWA PENING KABUPATEN SEMARANG

*Burhanuddin Putra Nirwana  -  Program Studi S1 Teknik Perkapalan Fakultas Teknik, Indonesia
Sukanto Jatmiko  -  Program Studi S1 Teknik Perkapalan Fakultas Teknik, Indonesia
Andi Trimulyono  -  Program Studi S1 Teknik Perkapalan Fakultas Teknik, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Rawa Pening  adalah danau sekaligus tempat wisata air di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Dengan luas 2.670 hektare ia menempati wilayah Kecamatan Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyubiru. Rawa Pening terletak di cekungan terendah lereng Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran. Tumbuh suburnya enceng gondok di Rawa Pening mengakibatkan pndangkalan pada danau ini, serta pendapatan ikan bagi nelayan berkurang, jika dibiarkan maka Rawa Pening akan menjadi daratan sehingga dapat merugikan warga sekitar. Dari dasar inilah tercetus gagasan membuat kapal backhoe dredger untuk mengurangi tumbuhan enceng gondok secara berkala.

Dalam  melaksanakan penelitian ini dilakukan beberapa tahapan perancangan yaitu membuat rencana garis dengan software delftship, menganalisa hidrostatik, stabilitas kapal, analisis olah gerak kapal dengan menggunakan sotware perkapalan dan pemilihan peralatan kapal  dan motor induk berdasarkan hasil perhitungan daya motor sesuai dengan hambatan yang dialami kapal.

Perancangan kapal backhoe dredger  ini didapatkan ukuran utama kapal LOA = 12.00 m, T = 0.50 m, H = 1.10 m, B = 4.00 m, . Dari perhitungan hidrostatik, kapal backhoe dredger  mempunyai displacement = 19.30 ton, Cb = 0.82, Cpl = 0.92, Cpv = 0.82, Cm = 0.88, Cw = 0.99, LCB = 0.00 di midship. Pada perhitungan stabilitas, hasil menunjukkan kapal backhoe dredger mempunyai stabilitas yang stabil titik M berada diatas titik G pada semua kondisi. Radius pelayaran sejauh 15 sea mil dengan kecepatan maksimal 3 knot dengan power mesin sebesar 9.9 HP dengan kapasitas tangki sebesar 4.96 liter. Kapal backhoe dredger menggunakan exkavator Komatsu PC27MR-3 sehingga estimasi biaya kapal backhoe dredger sebesar Rp. 476.000.000.
Fulltext
Keywords: kapal backhoe dredger, enceng gondok, danau Rawa Pening

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.