Analisa Pengaruh Penambahan Tip Winglet dan Variasi Sudut Rake Terhadap Performa Propeller Tipe B4-70

*Buyung Vidiarto  -  Departement Teknik Perkapalan Diponegoro University, Indonesia
Ahmad Fauzan Zakki scopus  -  Departement Teknik Perkapalan Diponegoro University, Indonesia
Eko Sasmito Hadi scopus  -  Departement Teknik Perkapalan Diponegoro University, Indonesia
Published: 1 Oct 2019.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Propeller merupakan salah satu alat penggerak yang di gunakan pada kapal. Dalam perkembangan teknologi perkapalan semakin banyak riset dan pengembangan desain dari propeller dimana bertujuan untuk meningkatkan nilai effisiensi dari propeller tersebut. Banyak faktor yang mempengaruhi dalam pendesainan pada propeller, beberapa contoh faktor tersebut adalah Pitch, Skew angle dan Rake Pada penelitian  ini analisa propeller direncanakan dengan penambahan Tip Winglet dan pemvariasian Sudut Rake yang dimuat secara utuh yaitu penulis akan melakukan Analisa penambahan Tip Winglet dan pemvariasian Sudut Rake pada propeller B4-70 menggunakan metode CFD (Computation Fluid Dynamic). Nilai Thrust yang di dapat dari perbandingan propeller  B4-70 dengan penambahan Tip Winglet 50mm dan variasi sudut rake 15° mampu meningkatkan nilai Thrust dengan nilai tertinggi yaitu 39930 N dengan persentase 15% dari nilai Thrust propeller B4-70 konvensional.

Penambahan Tip Winglet juga berpengaruh pada Torque propeller dimana terjadi peingkatan secara konstan seiring dengan penambahan ukuran panjang Tip winglet yang digunakan dimana nilai tersebut dapat mencapai hingga 45% dari nilai Torque propeller B4-70  konvensional. Effieciency pada propeller B4-70   dengan penambahan Tip Winglet dan pemvariasian Sudut Rake juga mengalami peningkatan sebesar 5% dari propeller B4-70 konvesional yang di dapat pada model propeller Tip Winglet 50mm dan variasi sudut rake 15° sehingga dari hasil ini dapat di ambil kesimpulan bahwa penggunaan Tip Winglet dan variasi sudut rake sangat mempengaruhi hasil dari Thrust ,Torsi dan Efficiency pada suatu propeller.

Article Metrics:

  1. A. F. Molland, The Maritime Engineering Reference Book. UK: Oxford University, 2010.
  2. P. Manik, Buku Ajar Propulsi Kapal. Semarang: Jurusan Teknik Perkapalan, UNDIP, 2015.
  3. Muh. Zainal Abidin, Surjo W. Adji and Irfan Syarief Arief, “Analisa Performance Propeller B-Series dengan Pendekatan Structure dan Unstructure Meshing”, JURNAL TEKNIK ITS Vol. 1, No. 1, (Sept. 2012)
  4. G. Kuiper, “New developments and propeller design,” J. Hydrodyn., vol. 22, no. 5 SUPPL. 1, pp. 7–16, 2010.
  5. G. P. Wibowo, D. Chrismianto, and B. A. Adietya, “Analisa Nilai Thrust Optimum Propeler B4-70, Ka4-70 Dan Au4-59 Pada Kapal Tugboat Pelabuhan Paket-Ii 2x1850hp Dengan Variasi Sudut Rake Menggunakan CFD,” J. Tek. Perkapalan, vol. 5, no. 1, pp. 27–37, 2017.
  6. A. Trimulyono and Kiryanto, “Analisa Efisiensi Propeller B-Series Dan Kaplan Pada Kapal Tugboat Ari 400 Hp Dengan Variasi Jumlah Daun,” J. Tek. Perkapalan, vol. 12, no. 2, pp. 112–120, 2015.
  7. J. Adalid and G. Gennaro, “Latest experiences with Contracted and Loaded Tip (CLT) propellers,” Sustain. Marit. Transp. Exploit. Sea Resour., pp. 47–53, 2013.
  8. G. Gennaro and J. Gonzalez-Adalid, “Improving the propulsion efficiency by means of Contracted and Loaded Tip (CLT) propellers,” Soc. Nav. Archit. Ma-rine Eng. Athens, Greece, 2012.
  9. Meysam Maghareh, Hassan Ghassemi, “Propeller Efficiency Enhancement by the Blade's Tip Reformation” American Journal of Mechanical Engineering, 2017, Vol. 5, No. 3, 70-75
  10. A. Sánchez-Caja, J. González-Adalid, M. Pérez-Sobrino, and I. Saisto, “Evaluation of endplate impact on tip loaded propeller performance using a RANSE solver,” Int. Shipbuild. Prog., vol. 61, no. 1–2, pp. 103–128, 2014.
  11. A. Ommundsen, “Unconventional Propeller Tip Design,” no. June, 2015.
  12. M. M. Bernitsas, KT KQ and Efficiency Curves for the Wageningen B-Series Propellers. Michigan: University of Michigan, 1981.
  13. Michael Brown1, Antonio Sánchez-Caja2, Juan G. Adalid3., “Improving Propeller Efficiency Through Tip Loading,” Naval Hydrodynamics Hobart, Tasmania, Australia, 2-7 November 2014
  14. Gao H, Zhu W, Liu Y, Yan Y., “Effect of Various Winglets On The Performance of Marine Propeller,” Applied Ocean Research, vol. 86 (2019)