Desain Passive U-Tube Tank Pada Anchor Handling Tug/Supply Vessel Guna Menurunkan Rolling Kapal Menggunakan Variasi Lebar Saluran

*Alif Fadhilah  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro (Instansi Penulis) Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275 (Alamat Instansi beserta Kodepos), Indonesia
Ahmad Fauzan Zakki  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro (Instansi Penulis) Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275 (Alamat Instansi beserta Kodepos), Indonesia
Eko Sasmito Hadi  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro (Instansi Penulis) Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia 50275 (Alamat Instansi beserta Kodepos), Indonesia
Received: 20 Mar 2019; Published: 11 Apr 2019.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Kapal Anchor Handling Tug Supply (AHTS) adalah kapal khusus yang berfungsi untuk menangani pemasangan jangkar untuk buoy ataupun untuk mengangkat jangkar dan juga untuk inspeksi rantai sampai pada jangkar yang di dalam laut serta menyuplai logistic serta peralatan yang dibutuhkan selama proses eksplorasi. Kapal jenis ini harus memenuhi persyaratan laik laut yang optimum, aman dalam olah gerak, dan mempunyai kekuatan yang sangat baik. Sehingga mampu menghasilkan olah gerak yang lincah, aman, mudah dioperasikan dan memiliki ketahanan pada kondisi ekstrim sekalipun. Maka dari itu, untuk mengurangi rolling yang terlalu besar dilakukan analisa penggunaan Passive U-Tube Tank terhadap Kapal AHTS dengan menggunakan variasi lebar saluran. Pemodelan dilakukan dengan menggunakan software berbasis CAD yang kemudian dilakukan analisis perhitungan momen peredam untuk mendapatkan nilai Additional Damping yang mana digunakan untuk  peredam tambahan pada analisis gerakan rolling kapal menggunakan software berbasis CFD. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kapal dengan penambahan passive tank  variasi 3 memiliki respon momen redam dan Additional Damping yang paling baik dan dapat mengurangi nilai RMS Rolling kapal sebesar 11,9% dengan nilai RMS Rolling sebesar 0,37 Deg.

Keywords: Kapal AHTS; Olah Gerak; Rolling; Passive Tank; CFD

Article Metrics:

  1. E. S. Sigalingging, I. P. Mulyatno, S. Jokosisworo, “Analisa Kekuatan Struktur Main Deck Sebagai Penumpu Towing Winch Pada Kapal OSV.Go Perseus Dengan Menggunakan Metode Elemen Hingga,” Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 5, no. 4, Okt. 2017.
  2. A. Herbowo, D. Chrismianto, and M. Iqbal, “Analisa Fin Stabilizer Terhadap Rolling Pada Kapal Ferry Ro-Ro 500 GT Dengan Metode CFD (Computational Fluid Dynamic),” Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 5, no. 1, Jan. 2017.
  3. Aalto University School of Engineering, "Control of Ship Motion," 2016. [Online]. Available: https://mycourse.aalto.fi>SD10-Control(6/4/2017).
  4. I. Novac, C. Faitar, "Consideration Upon Fixed Anti-Rolling Passive Systems," Naval Academy Scientific Buletin,Vol. XIX, Issue 2, 2016.
  5. M. I. Malik, P. Manik, and M. Iqbal, “Meningkatkan Performa Kapal Ikan Tradisional ( Studi Kasus Kapal Tipe Kragan ),” Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 4, no. 4, pp. 748–757, 2016.
  6. F. A. Karim, A. F. Zakki, and M. Iqbal, “Rancang Desain Passive U-Tube Tank Pada Kapal Ikan Tradisional Guna Menurunkan Rolling Kapal,” Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 6, no. 2, 2018.
  7. M. F. Shofly, A. F. Zakki, and M. Iqbal,"Desain Passive U-Tube Tank Pada Kapal Kontainer 100 TEUS Guna Menurunkan Rolling Kapal Dengan Variasi Tinggi Fluida," Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 6, no. 4, 2018.
  8. L. A. L. Wennersberg, "Modelling and Simulation of Anchor Handling Vessel," Norwegian University of Science and Technology, Norwegia, 2009.
  9. J-H. Kim, and Y. Kim, "Study on Heel Stabilization for Cruise Ship by Using Active Fin and Anti-Rolling Tank," Department of Naval Architecture and Ocean Engineering, Seoul National University, Korea, 2012.
  10. NORDFORSK, "Seakeeping Performance Criteria for Human Effectiveness - Limiting Criteria with Regard to Acceleration (Vertical and Lateral) and Roll Motion," 1987.