Analisa Pengaruh Perubahan Sudut Swept Fullysubmerged Foil Terhadap Gaya Angkat Dan Hambatan Pada Kapal Katamaran Menggunakan Metode CFD

Received: 17 Jan 2019; Published: 6 Sep 2019.
Open Access
Citation Format:
Abstract

Abstrak

Pengembangan teknologi transportasi laut tak terlepas dari kebutuhan perpindahan aktivitas yang semakin dinamis. Maka dari itu diperlukan inovasi dalam pengembangan kapal yang dapat memenuhi kebutuhan. Pemilihan kapal katamaran dikarenakan memiliki keunggulan berupa stabilitas yang baik hingga ruang deck yang luas. Kapal katamaran kemudian dilakukan modifikasi hydrofoil,berupa bangunan foil yang terpasang dibawah lambung kapal katamaran. Hal ini dilakukan agar kapal katamaran mendapatkan gaya angkat sehingga dapat mengurangi gesekan antara permukaan air dan badan kapal, Sehingga dapat mengurani hambatan kapal katamaran. Tipe foil yang akan digunakan berupa swept fullysubmerged foil,serta akan dilakukan analisa dengan menggunakan metode Computational Fluid Dynamic (CFD). Penelitian yang dilakukan berupa mencari nilai gaya angkat paling tinggi serta hambatan yang paling kecil. Analisa dilakukan dengan berbagai variasi swept foil serta kecepatan. Hasil analisa didapatkan nilai hambatan total dapat berkurang hingga 50,8% dari kapal original. Nilai EHP dapat berkurang hingga 50% dari kapal original. Hasil yang menunjukkan perubahan yang signifikan terjadi pada variasi swept fullysubmerged 10̊ angle of attack 3̊ dengan froud number 1,042.

Keywords: hydrofoil;katamaran;swept foil;gaya angkat;hambatan;CFD(Computational Fluid Dynamic)

Article Metrics:

  1. R. N. Erlangga and W. D. Aryawan, “Desain High - Speed Passenger Craft (Ferry Hydrofoil) untuk Daerah Pelayaran Batam - Singapura,” J. Tek. ITS, vol. 7, no. 1, 2018.
  2. K. Suastika, R. Y. Dikantoro, D. B. Purwanto, D. Setyawan, and W. H. A. Putra, “Analysis of Lift and Drag of Mono-foil Hysucat due to Longitudinal Foil-placement Variation,” Int. J. Mar. Eng. Innov. Res., vol. 2, no. 2, 2018.
  3. D. Azis Nispal, D. Chrismianto, and B. A Arswendo, “Analisa Gaya Angkat dan Hambatan pada Dihedral Surface Piercing Hydrofoil Katamaran Menggunakan Metode CFD (Computational Fluid Dynamic),” J. Tek. Perkapalan, vol. 6, 2018.
  4. K. Kihara, M. Miyoshi, C. Hamada, N. Toki, and H. Sueoka, “Development of Fully Sumerged Hydrofoil Catamarans,” Mithhusibishi Heavy Ind. Ltd Techinal Rev., vol. 32, 1995.
  5. S. Bal, “Lift and Drag Characteristics of Cavitating Swept and V-Type Hydrofoils,” Int. J. Marit. Eng., no. January, 2005.
  6. H. N. Loveday, G. Migeotte, and T. W. von Backstrom, “The Design of a Hydrofoil System for Sailing Catamarans,” South African Inst. Mech. Eng. R&D J., vol. 24, no. 1, pp. 12–18, 2008.
  7. R. Bhattacharyya, Dynamics of Marine Vehicles. New York: John Wiley & Son, 1978.
  8. M. Salas, R. Luco, P. K. Sahoo, N. Browne, and M. López, “Experimental and CFD resistance calculation of a small fast catamaran,” Int. Conf. high Perform. Veh., no. October 2015, pp. 215–229, 2004.
  9. I. R. Abbott and A. E. V. Doenhoff, Theory of Wings Sections: Including a Summary of Airfoil Data. New York: Dover Publication,Inc, 1949.
  10. G. Migeotte, H. K.G., and K. G. Hoppe, “Developments in Hydrofoil Assistance for semi-Displacement catamarans,” FAST’99, Fifth Int. Conf. Fast Sea Transp., pp. 631–642, 1999.