skip to main content

ANALISA PENGARUH PERUBAHAN PANJANG CHORD DAN KETEBALAN BLADE PADA TURBIN PEMBANGKIT TENAGA ARUS DENGAN METODE CFD

Andi Trimulyono  -  Program Studi S1 Teknik Perkapalan, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki wilayah perairan yang lebih luas daripada daratan, sehingga lautan indonesia menyediakan energi alternatif yang sangat besar, diantaranya adalah energi yang dihasilkan dari arus laut. Energi ini dapat menghasilkan energi kinetik yang sangat besar dan juga ramah lingkungan.

Selama ini pembangkit energi tenaga arus laut yang sudah dikembangkan dan dipatenkan adalah Darrieus Water Turbine dengan tipe penggerak vertical axiz dan turbin kobolt. Pada penelitian ini menggunakan turbin dengan foil tipe NACA 0018, dengan melakukan modifikasi pada foil NACA 0018 dengan cara mengubah panjang chord dan ketebalan blade untuk mendapatkan lift yang besar dan juga drag yang lebih kecil dibandingkan pada foil bentuk standart dengan menggunakan metode numerik Computational Fluid Dynamics (CFD).

Hasil modifikasi foil tunggal dengan mengurangi ketebalan blade menjadi sebesar 50%, 80%, 95% terjadi penurunan nilai CL serta rasio CL/CD. Sedangkan pada modifikasi dengan penambahan chord sebesar 5%, 10%, 15% terjadi kenaikan nilai CL serta rasio CL/CD. Berdasarkan hasil tersebut modifikasi yang terbaik untuk foil tunggal adalah dengan cara menambah panjang chord 15%. Sedangkan untuk modifikasi terbaik secara group untuk ketebalan adalah pada ketebalan 95% terjadi pada waktu 9,9 detik dengan torsi maksimum sebesar 1,72.10² N.m dan untuk modifikasi panjang chord adalah pada penambahan sebesar 5% terjadi pada 4,3 detik dengan torsi maksimum sebesar 1,84.10² N.m.

Fulltext
Keywords: Lift, Drag, Torsi, CFD

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.