skip to main content

ANALISA KINERJA TURBIN DARRIEUS DAN TURBIN DARRIEUS-SAVONIUS SEBAGAI BANGUNAN LEPAS PANTAI UNTUK PEMBANGKIT LISTRIK DENGAN PENDEKATAN COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC (CFD)

*Gary Simon  -  , Indonesia
Andi Trimulyono  -  Program Studi S1 Teknik Perkapalan, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Turbin Darrieus sudah sering digunakan sebagai percobaan untuk pembangkit listrik. Sudah banyak percobaan yang melibatkan turbin ini agar bekerja lebih optimal sehingga bisa dibandingkan dengan kemampuan turbin horizontal axis. Beberapa percobaan berusaha untuk memperbaiki torsinya, beberapa lagi masalah getarannya dan ada pula yang berusaha mendapatkan output yang lebih besar. Percobaan yang akan dilakukan penulis berhubungan dengan usaha untuk meningkatkan jumlah putaran dan kemampuan start-up dari turbin. Selain itu dites pula duct yang bisa dipakai sebagai dudukan turbin yang diharapkan mampu meningkatkan kecepatan arus pada wilayah kerja turbin.

Dengan membuat model 3D pada software, penulis membuat modifikasi tambahan pada turbin yang telah dites sebelumnya. Tambahan ini berupa 2 buah blade turbin Savonius yang diletakkan pada bagian tengah. Model ini kemudian akan dites menggunakan Flow-3D. Proses pengetesan duct juga dilakukan dengan cara yang hampir sama.

Dengan memperhitungkan input data berupa arus laut yang terjadi dan menyediakan model 3D dari turbin maka didapat hasil bahwa turbin yang telah dimodifikasi mampu mencapai efektivitas maksimum pada kecepatan arus 0,6 m/s. Kemudian duct yang dirancang mampu menaikkan kecepatan arus pada wilayah kerja turbin hingga 240,25 % dari arus yang masuk.

Fulltext
Keywords: turbin Darrieus, percobaan, modifikasi, turbin Savonius, efektivitas.

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.