slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
Analisa Olah Gerak Dan Kekuatan Kapal Ikan PVC 15 GT di Laut Jawa | Sidiq | Jurnal Teknik Perkapalan skip to main content

Analisa Olah Gerak Dan Kekuatan Kapal Ikan PVC 15 GT di Laut Jawa

*Moh. Hasan Sidiq  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Deddy Chrismianto  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Imam Pujo Mulyatno  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Pertimbangan dari data penelitian terdahulu didapat kapal model U2 dan V2 kapal ikan berbahan PVC 15 GT memiliki kemampuan stabilitas dan hambatan memenuhi standar IMO. Maka penulis melanjutkan penelitian dengan menganalisa olah gerak, slamming, deckwetness dan kekuatan. Dengan  software olah gerak kapal di dapat model U2 dan V2, pada kapal U2 diperoleh Rolling pada 90o adalah 5,81 deg, velocity 0,113932 rad/s, acceleration, 0,1812 rad/s2, slamming pada 45o adalah  0,3309 slamming/jam, Hasil perhitungan probabilitas dan intensitas slamming menunjukkan bahwa kapal U2 memenuhi standar di sudut 45o probabilitas Nordforsk ’89 karena memiliki probabilitas slamming dibawah 0,003 atau 0,3%, Deckwetness pada 45o adalah 4,16131 deckwetness/jam, dan dihasilkan tegangan terbesar terjadi pada moment saging di bagian alas dengan 1,04 Mpa. Sementara, tegangan paling kecil terjadi pada moment tenang pada bagian struktur sebesar 0.34 MPa.Pada kapal V2, di peroleh Rolling  45o adalah 4,13 deg, velocity 0,03617rad/s, acceleration 0,03167 rad/s2 Slaming pada 45o adalah  4,236 slamming/jam. Hasil perhitungan probabilitas dan intensitas slamming menunjukkan bahwa kapal U2 memenuhi standar sudut 45o probabilitas Nordforsk ’89 karena memiliki probabilitas slamming dibawah 0,003 atau 0,3%, Deckwetness pada 45o adalah 29,436 deckwetness/jam, Kekuatan dapat diketahui tegangan terbesar terjadi pada moment saging di bagian alas dengan 1,42 Mpa. tegangan paling kecil terjadi pada moment tenang pada bagian struktur sebesar 0.26MPa
Fulltext View|Download
Keywords: PVC, olah gerak kapal; slamming; deckwetness; kekuatan kapal
  1. F. U. Teknik, teori bangunan kapal II. 2007
  2. Teknik-UH, “sistem perpipaan,” 2010. [Online]. Available: http://teknik-uh.blogspot.com/
  3. G. R. Ahmad Firdhaus , Deddy Chrismianto, “Perancangan Kapal Ikan 15 GT Menggunakan Bahan Pipa PVC dengan Variasi Bentuk Lambung Kapal dan Jenis Alat Tangkap,” 2017
  4. H. A. Subandi and I. P. Mulyatno, “Perancangan Kapal Ikan Mini Purse seine Displacement 11 Ton tipe katamaran “ Studi S1 Teknik Perkapalan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro,” vol. 4, no. 1, pp. 246–255, 2016
  5. H. Afdul Ngazis and I. M. pujo, “Perancangan Kapal Ikan Mini Purse seine Displacement 11 Ton menggunakan pipa PVC,” 2016
  6. S. A. Slamming and P. Coupling, “Studi Analisa Slamming & Deck Wetness Akibat Gerakan Heaving –,” vol. 5, no. 4, pp. 677–687, 2017
  7. H. M. Amirudin, A. F. Zakki, D. Chrismianto, F. Teknik, and U. Diponegoro, “Analisa Pengaruh Anti slamming Bulbous Bow pada 60m anchor handling Tug Supply MP veoce DI,” pp. 10–19
  8. P. Seine, T. Dengan, K. Sesuai, and A. Biro, “Analisa Kekuatan Kontruksi Memanjang pada Kapal Ikan Mini Purse Seine Tradisional Dengan Kapal Sesuai Aturan Biro Klasifikasi Indonesia (BKI),” vol. 6, no. 1, pp. 217–222, 2018
  9. P. Seine, T. Dengan, K. Sesuai, and A. Biro, “Analisa Kekuatan Kontruksi Memanjang pada Kapal Ikan Mini Purse Seine Tradisional Dengan Kapal Sesuai Aturan Biro Klasifikasi Indonesia (BKI),” vol. 6, no. 1, pp. 217–222, 2018
  10. E. Popov, “mekanika Teknik”. Erlangga Indonesia, 1996

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.