Studi Perancangan Senta Sisi (Side Stringer) dengan Mempertimbangkan Jarak Antar Senta Sisi (Side Stringer) dan Dimensi Profil pada Kapal General Cargo 6000 DWT

*Naufal Pangestu  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Hartono Yudo  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Muhammad Iqbal  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Received: 23 Sep 2018; Published: 19 Oct 2018.
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 174
Abstract
Perencanaan konstruksi kapal merupakan hal terpenting dalam sebuah fase perancangan kapal tersebut. Karena perencanaan konstruksi memberikan data perhitungan kekuatan struktur konstruksi kapal yang merupakan aspek teknis yang dapat berpengaruh terhadap keselamatan kapal pada berbagai kondisi gelombang saat operasional kapal tersebut berjalan. Salah satu bagian terpenting dalam sebuah konstruksi kapal adalah lambung. Pada bagian ini terdapat penegar yang mendukung kekuatan memanjang suatu kapal yaitu senta sisi. Dalam peraturan klasifikasi, terutama BKI tidak ditemukan peraturan secara jelas tentang pemasangan serta jumlah senta sisi dalam perancangan. Dari permasalahan tersebut, maka dilakukan percobaan dengan melakukan perubahan jumlah senta sisi  agar didapatkan desain konstruksi yang efisien dari segi teknis dan ekonomisnya. Variasi dalam penelitian ini yaitu mengurangi dan menambah jumlah senta sisi, dari dua menjadi satu senta sisi kemudian dari dua menjadi tiga senta sisi dan variasi profil yang digunakan berdasarkan perhitungan modulusnya.. Kemudian membandingkan hasil tegangan maksimum yang diperoleh pada tiap kondisi pada perairan Atlantik Utara. Permodelan dan analisa kekuatan dilakukan dengan menggunakan finite element software. Dari aspek teknis dengan semua variasi yang dilakukan, didapatkan tegangan maksimal yang memenuhi standar BKI. Kemudian pertimbangan dari aspek ekonomis, dipilihlah desain konstruksi satu senta sisi dengan ukuran profil T 400 x 7 + FP 270 x 8 dengan hasil tegangan maksimal 22,7 N/mm2 pada kondisi flat, 141 N/mm2 pada kondisi sagging dan 132 N/mm2 pada kondisi hogging.
Keywords: Konstruksi; Penegar; Senta sisi; Profil; Atlantik Utara; Tegangan

Article Metrics:

  1. M. Ichwan, A. F. Zakki, and G. Rindo, “Optimalisasi Desain Struktur Kekuatan Kapal Tunda Pelabuhan Dengan Merubah Jarak Gading,” J. Tek. PERKAPALAN, vol. 5, no. 4, pp. 594–601, 2017.
  2. A. K. G. Adli, A. F. Zakki, and W. Amiruddin, “Analisa Perbandingan Respon Struktur Kapal Oil Tanker di Perairan Atlantik Utara dan Zona Perairan Indonesia Dengan Metode Elemen Hingga,” J. Tek. PERKAPALAN, vol. 5, no. 4, 2017.
  3. I. K. Djaya and M. Sofi’i, “Teknik Konstruksi Kapal Baja,” 2008.
  4. BKI, Rules For Classification And Construction Part 1 Seagoing Ships, vol. II. Jakarta, 2018.
  5. L. I. Albiyan, A. F. Zakki, I. P. Mulyatno, and S. Makmun, “Evaluasi Regulasi BKI terhadap Respon Konstruksi Kapal LPG Tanker 100 M di North Atlantic Ocean dan Indonesian Waterways Menggunakan Metode Elemen Hingga,” J. Tek. PERKAPALAN, vol. 5, no. 4, pp. 875–882, 2017.
  6. D. M. Rosyid and D. Setyawan, Kekuatan Struktur Kapal, 1st ed. Jakarta: Pradnya Paramita, 2000.
  7. N. Aden, A. F. Zakki, and G. Rindo, “Analisa Pengaruh Perubahan Jarak Gading Kapal Pada Struktur Kekuatan Kapal Ro-Ro 500 GT Untuk Mendapatkan Desain Optimal,” J. Tek. PERKAPALAN, vol. 5, no. 4, pp. 697–706, 2017.
  8. D. R. Pramono, A. Imron, and M. N. Misbah, “Analisa Kekuatan Memanjang Floating Dock Konversi Dari Tongkang dengan Metode,” J. Tek. ITS, vol. 5, no. 2, pp. 148–152, 2016.
  9. F. Nurayoga et al., “Analisa Kekuatan Struktur Tank Deck pada Kapal ( LST ) Landing Ship Tank KRI . Teluk Bintuni 7000 DWT,” J. Tek. PERKAPALAN, vol. 4, no. 4, pp. 868–877, 2016.
  10. E. P. Popov, Mechanics of Materials. New Jersey: Prentice-Hall, Inc, 1978.