BibTex Citation Data :
@article{JTP21778, author = {Listyo Susanto}, title = {Analisa Pengaruh Variasi Jumlah Skeg Terhadap Hambatan dan Nilai Wake pada Kapal Ikan KM. Mino Tambah Barokah dengan Metode CFD}, journal = {Jurnal Teknik Perkapalan}, volume = {6}, number = {4}, year = {2018}, keywords = {Skeg; Wake; Hambatan Kapal; Kapal Ikan; CFD}, abstract = { Sebuah kapal perikanan harus dirancang cepat, handal, kuat agar dapat menjalakankan fungsinya dengan baik. Skeg adalah salah satu bentuk modifikasi yang diberikan pada bagian buritan kapal yang bertujuan untuk mengurangi hambatan kapal saat kapal melaju pada kecepatan penuh dan membantu fluida mengalir lebih halus melewati hull dan propeller. Selain hal diatas skeg juga berfungsi untuk menambah support poros menjadi lebih rigid dan tidak akan bengkok saat berputar pada putaran tinggi. Dalam tugas akhir telah dianalisa bagaimana pengaruh jumlah skeg pada bagian buritan, midship, dan haluan terhadap hambatan dan nilai Wake pada kapal ikan KM.Mino Tambah Barokah. Dari analisa didapatkan hasil dari semua variasi jumlah skeg, jumlah 4 skeg pada posisi haluan dengan bilgekeel mempunyai hambatan paling rendah sebesar 9,3624 kN, memiliki kecepatan advanced paling tinggi sebesar 0,599 m/s, dan memiliki nilai wake paling kecil yaitu 0,1171. }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/21778} }
Refworks Citation Data :
Last update:
Jurnal Teknik Perkapalan oleh http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License