Analisa Kekuatan Deck Dengan Penambahan Crawler Crane Pada Kapal Tongkang 460 DWT

*Rachmat Hidayat  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Hartono Yudo  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Ahmad Fauzan Zakki  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Received: 19 Sep 2018; Published: 19 Oct 2018.
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: EN
Statistics: 178
Abstract
Saat ini telah banyak inovasi dan modifikasi yang dilakukan pada kapal unutk memenuhi kebutuhan-kebutuhan khusus. Seperti modifikasi tongkang dengan penambahan crawler crane untuk membantu crane barge saat proses pemindahan batu bara ke bulk carrier ship. Modifikasi tongkang tersebut mengakibatkan beban yang diterima deck menjadi berubah dengan adanya penambahan berat dari crawler crane dan batu bara yang akan dipindahkan. Maka diperlukan analisa pengaruh crawler crane terhadap kekuatan deck tongkang untuk mengetahui keamanan saat crawler crane beroperasi. Permodelan dan analisa kekuatan dilakukan dengan menggunakan finite element software. Hasil analisa menggunakan software MSC. Patran dan Nastran menunjukkan hasil tegangan maksimum terjadi pada kondisi 3 arah boom ke portside dengan nilai 38,4 MPa dan tegangan minimum terjadi pada kondisi 8 arah boom ke forepeak dengan nilai 22,2 MPa. Hasil analisa menunjukkan bahwa semua kondisi memenuhi safety factor menurut standar BKI sehingga dapat disimpulkan kekuatan struktur deck tongkang aman dan kuat menahan beban selama proses operasional crawler crane.
Keywords: Crawler Crane; Barge; Finite Element Method; Tegangan; Safety Factor

Article Metrics:

  1. A. W. B. Santosa, A. Ubaidilah, and M. Fazjeri, “Perancangan Kapal Tongkang Sebagai Penyebrangan Masyarakat Di Sungai Bengawan Solo , Desa Jimbung Kabupaten Blora – Desa Kiringan Kabupaten Bojonegoro,” J. Tek. Perkapalan, vol. 9, no. 1, pp. 38–46, 2012.
  2. F. T. Pujikuncoro, A. F. Zakki, and H. Yudo, “Studi Analisa Konstruksi Deck Kapal Accomodation Work Barge Pada Fr 0-12 Akibat Penambahan Crane,” J. Tek. Perkapalan, vol. 4, no. 4, pp. 821–828, 2016.
  3. S. Jatmiko and Saptadi, “Analisa Kekuatan Deck Tongkang Muatan Tiang Pancang 750 DWT Dengan Software Berbasis Metode,” J. Tek. Perkapalan, vol. 8, no. 1, pp. 29–34, 2011.
  4. K. S. Perdana, M. Murtedjo, and E. B. Djatmiko, “Analisis Damage Stability Accomodation Barge Pada Saat Operasi Crawler Crane,” vol. 1, no. Sept, 2012, pp. 170–175, 2012.
  5. I. P. S. Asmara and Budianto, “Analisa Kekuatan Deck Crane pada Kapal Tol Laut Nusantara,” J. Tek. Bangunan Kapal, vol. 01, no. November, pp. 29–34, 2016.
  6. M. Y. Z. Aji, I. P. Mulyatno, and H. Yudho, “Akibat Penggantian Mooring Winch Pada Kapal Accomodation Work Barge 5640 DWT,” J. Tek. Perkapalan, vol. 4, no. 1, pp. 74–82, 2016.
  7. I. P. Mulyatno, A. Trimulyono, and S. F. Khristyson, “Analisa Kekuatan Konstruksi Internal Ramp Sistem Steel Wire Rope Pada KM. Dharma Kencana VIII Dengan Metode Elemen Hingga,” J. Tek. Perkapalan, vol. 11, no. 2, pp. 85–93, 2014.
  8. T. R. Hakim, Handayanu, and M. Murtedjo, “Analisis Kekuatan Konstruksi Crane Pedestal Pada Mooring Storage Tanker Niria,” J. Tek. ITS, vol. 1, no. September 2012, pp. 192–197, 2016.
  9. G. Sitepu and Hamzah, “Analisis Kekuatan Struktur ‘ Tank Deck ’ Kapal LCT AT 117 M TNI AL,” J. Ris. dan Teknol. Kelaut., vol. 14, no. 1, pp. 39–48, 2016.
  10. I. P. Mulyatno and A. Pratama, “Analisa Kekuatan Konstruksi Car Deck Pada Kapal KM. Dharma Ferry 3 Dengan Metode Elemen Hingga,” J. Tek. Perkapalan, vol. 8, no. 2, pp. 53–61, 2011.