skip to main content

Efek Temperatur Normalizing Terhadap Sifat Mekanik Baja ST 60 Sebagai Poros Baling-Baling Kapal

*Lukman Gewa Nurhakim  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Untung Budiarto  -  , Indonesia
Sarjito Jokosisworo  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Normalizing adalah proses pemanasan baja dimana pemanasan mencapai suhu austenite kemudian didinginkan perlahan melalui udara terbuka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sifat mekanik dari baja ST 60 dengan proses pemanasan normalizing di tiga variasi suhu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baja ST 60 dengan perlakuan normalizing suhu 8000C memiliki rata-rata kekuatan tarik sebesar 641,45 MPa dan rata-rata regangan sebesar 25,85%. Serta memiliki tegangan geser sebesar 527,46 MPa dan rata-rata kekerasan sebesar 195,05 VHN. Baja ST 60 dengan proses normalizing suhu 8500C memiliki rata-rata kekuatan tarik sebesar 632,83 MPa dan rata-rata regangan sebesar 24,37%. Serta memiliki tegangan geser sebesar 485,82 MPa dan rata-rata kekerasan sebesar 190,90 VHN. Sedangkan baja ST 60 dengan proses normalizing suhu 9500C memiliki rata-rata kekuatan tarik sebesar 592,81 MPa dan rata-rata regangan sebesar 22,48%. Serta memiliki tegangan geser sebesar 466,54 MPa dan rata-rata kekerasan sebesar 181,14 VHN. Perlakuan panas perlakuan panas normalizing dengan variasi suhu 8000C struktur mikro menunjukkan fasa pearlite yang lebih dominan. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa baja ST 60 dengan perlakuan panas normalizing di suhu 8000C memiliki sifat mekanik yang lebih baik dari baja ST 60 dengan variasi suhu 8500C dan 9500C.

Fulltext
Keywords: Baja St 60, Normalizing, Tarik, Puntir, Kekerasan, Mikrografi
  1. S, Gusti Rusydi Furqon dkk. 2016. Analisa Uji Kekerasan Pada Poros Baja ST 60 Dengan Media Pendingin Yang Berbeda. Jurnal Teknik Mesin – Vol. 01 No. 02 – UNISKA
  2. Karokaro, Muchtar. 2001. Pengaruh Normalizing Ulang Terhadap Sifat Kelelahan Baja DIN 42MnV7. Jurnal Teknik Mesin Vol. 1 No.1 – ITS Surabaya
  3. Biro Klasifikasi Indonesia. 2006. Rules for Machinery Installations, Vol. III
  4. Totten, E. George. 2007. Steel Heat Treatment. Edisi Kedua. Portland: Taylor and Francis Group
  5. Jatmiko, Sukanto dan Sarjito Jokosisworo. 2008. Analisa Kekuatan Puntir Dan Kekuatan Lentur Putar Poros Baja ST 60 Sebagai Aplikasi Perancangan Bahan Poros Baling-Baling Kapal. Jurnal Teknik Perkapalan – Volume 5 Nomor 1 Fakultas Teknik – Universitas Diponegoro
  6. Jokosisworo, Sarjito. 2009. Analisa Kekuatan Puntir, Lentur Putar dan Kekerasan Baja ST 60 untuk Poros Propeller Setelah Diquenching. Volume 11 Nomor 2 April 2009. Semarang
  7. Sari, Nasmi Herlina. 2018. Material Teknik. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Deepublish
  8. Biro Klasifikasi Indonesia. 2001. Rules for Material, Vol. V
  9. Bhaskara Sardi, Vicky. 2018. Pengaruh Normalizing dengan Variasi Waktu Penahanan Panas (Holding Time) Baja ST 46 Terhadap Uji Kekerasan, Uji Tarik, dan Uji Mikrografi. Jurnal Teknik Perkapalan – Volume 6 Nomor 1 Fakultas Teknik – Universitas Diponegoro. Semarang
  10. Redi Putra, Ridwan. 2018. Analisa Kekuatan Puntir, Kekuatan Tarik dan Kekerasan Baja ST 60 sebagai Bahan Poros Baling-Baling Kapal (Propeller Shaft) setelah Proses Tempering. Jurnal Teknik Perkapalan – Volume 6 Nomor 1 Fakultas Teknik – Universitas Diponegoro. Semarang

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.