Analisa Teknis Dan Ekonomis Pada Pada Kapal Pelayaran Rakyat “KLM Lestari Budaya” Setelah Dimodifikasi Menjadi Kapal Pariwisata

*Ichsan Aditio  -  , Indonesia
Eko Sasmito Hadi  -  , Indonesia
Kiryanto Kiryanto  -  , Indonesia
Received: 15 Aug 2018; Published: 16 Aug 2018.
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 146
Abstract

KLM Lestari Budaya merupakan kapal pelayaran rakyat bersifat tradisional dan mempunyai karakteristik tersendiri untuk melaksanakan angkutan di perairan dengan menggunakan kapal layar termasuk Pinisi, kapal layar bermotor, dan/atau kapal motor sederhana berbendera Indonesia dengan ukuran tertentu. Pada saat ini penggunaan kapal pelayaran rakyat tidak sebanyak pada zaman dulu sehingga pada tugas akhir ini memberikan solusi kepada para pelaku perusahaan pelayaran rakyat memodifikasi kapalnya menjadi kapal pariwisata. Modifikasi kapal pelayaran rakyat menjadi pariwisata mempengaruhi LWT kapal yang bermula dari 205 ton menjadi 201,15 ton yang mempengaruhi letak titik gravitasi pada kedua kapal. Hasil analisa teknis berupa analisa olah gerak dan analisa stabilitas lalu analisa ekonomis berupa perhitungan nilai NPV, IRR, dan Payback Period. Dari analisa olah gerak kedua kapal tersebut untuk kapal pelayaran rakyat memiliki hasil yang lebih baik walaupun dari kedua kapal memiliki kriteria yang tidak sesuai pada gerak Roll untuk sudut gelombang datang 90o. Kemudian untuk analisa stabilitas kedua kapal memiliki kriteria yang baik dan layak dengan memiliki GZ maksimal 0,474 m pada sudut oleng 31,8o untuk kondisi I di kapal pelayaran rakyat dan 0,623 m pada sudut oleng 36,4o untuk kondisi I di kapal pariwisata. Untuk hasil analisa ekonomis sendiri kapal pariwisata memiliki pengembalian modal yang lebih cepat selama 21 bulan dan menghasilkan untung bagi investor dan perbankan dalam peminjaman uang lebih baik daripada kapal pelayaran rakyat yang memiliki waktu pengembalian sebesar 27 bulan dan menghasilkan untung tidak sebesar penggunaan kapal pariwisata. Dari hasil analisa tersebut perubahan kapal pelayran rakyat menjadi kapal pariwisata bisa menjanjikan untuk para pelaku usaha pelayaran rakyat agar meningkatkan nilai penggunaan kapal dan meningkatkan ekonomi para pelaku usaha.

Keywords: Analisa Teknis, Analisa Ekonomis, Kapal Pelayaran Rakyat, Kapal Pariwisata

Article Metrics:

  1. Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia, “No. 74 Pasal 1 Ayat 5-6,” 2016.
  2. Y. W. Wicaksono, “Analisis Kinerja Operasional Pelayanan Pelayaran Rakyat,” J. Tek. ITS, vol. 6, no. 2, p. 261, 2017.
  3. Badan Pusat Statistik, “Statistik Profil Wisatawan Nusantara Tahun 2016,” pp. 24–187, 2016.
  4. Supriyanto, “Analisa Teknis Stabilitas dan Kekuatan Memanjang Kapal KM. ADHIGUNA RAYAMARGA Setelah Dimodifikasi Dari kapal Container 3700 DWT Menjadi General Cargo,” S1 Tek. Perkapalan UNDIP Semarang, vol. 7, pp. 22–29, 2010.
  5. M. A. Amardana, W. Amiruddin, and B. Arswendo, “Analisa Teknis dan Ekonomis Pengaruh Modifikasi Kapal Ikan Menjadi Kapal Pengolah Ikan,” J. Tek. Perkapalan, vol. 5, pp. 758–765, 2017.
  6. I. Aditio, Analisa Teknis Dan Ekonomis Pada Pada Kapal Pelayaran Rakyat “KLM Lestari Budaya” Setelah Dimodifikasi Menjadi Kapal Pariwisata. Semarang: Laporan Tugas Akhir S1 Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro, 2018.
  7. BMKG, “Prakiraan tinggi gelombang laut indonesia,” 2018. [Online]. Available: http://maritim.bmkg.go.id.
  8. M. Tello, S. Ribeiro E Silva, and C. Guedes Soares, “Seakeeping performance of fishing vessels in irregular waves,” Ocean Eng., vol. 38, no. 5–6, pp. 763–773, 2011.
  9. IMO, “Code on intact stability for all type of ships covered by IMO instruments,” Resolution A.749(18). pp. 255–337, 1993.
  10. I. Rosita, I. P. Mulyanto, and A. W. B. Santosa, “Analisa Teknis Dan Investasi Kapal Perikanan Dengan Alat Tangkap Purse Seine 110 GT Di Daerah Juwana,” J. Tek. Perkapalan, vol. 5, pp. 509–517, 2017.
  11. Wikipedia, “Net Present Value.” [Online]. Available: https://id.wikipedia.org/wiki/NPV.
  12. A. Biran and R. López-Pulido, Ship Hydrostatics and Stability: Second Edition. 2013.
  13. H. S. Shultz, “Internal Rate of Return,” Source Math. Teach., pp. 195–199, 2005.