slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
Analisa Pengaruh Penambahan Grothues Spoilers dengan Variasi Geometri Berbentuk Foil NACA pada Kapal Perintis 750 DWT Terhadap Hambatan dan Nilai Wake Kapal dengan Menggunakan Metode CFD | Lubis | Jurnal Teknik Perkapalan skip to main content

Analisa Pengaruh Penambahan Grothues Spoilers dengan Variasi Geometri Berbentuk Foil NACA pada Kapal Perintis 750 DWT Terhadap Hambatan dan Nilai Wake Kapal dengan Menggunakan Metode CFD

*Bobby Parel Antonio Lubis  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro , Indonesia
Parlindungan Manik  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro , Indonesia
Berlian Arswendo Adietya  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Perkembangan teknologi di dunia perkapalan semakin maju seiring dengan berjalannya waktu. Hal ini bertujuan agar performa kapal dapat ditingkatkan menjadi lebih baik, salah satunya yaitu dengan mengurangi nilai hambatan dan wake. Wake merupakan perbandingan antara kecepatan air yang melewati baling-baling dengan kecepatan kapal dinas kapal itu sendiri. Perancangan Grothues Spoilers pada bagian buritan kapal dapat mengarahkan aliran turbulen menjadi aliran laminar menuju baling-baling. Penelitian ini bertujuan agar mendapatkan nilai hambatan dan wake kapal yang lebih baik setelah dilakukan penambahan Grothues Spoilers dengan memvariasikan geometri dari spoiler tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan program komputer berbasis Computational Fluid Dynamic (CFD) dengan memvariasikan 2 geometri spoiler berbentuk foil NACA yaitu NACA 4412 dan NACA 6412 terhadap model 3D kapal perintis 750 DWT. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penambahan grothues spoilers dengan variasi foil NACA 6412 merupakan hasil yang paling optimal dalam mengurangi hambatan. Dimana pada hambatan total pada Fn 0,18 dapat berkurang sebesar 13,728% dari 7,277 N menjadi 6,278 N, hambatan viskositas pada Fn 0,26 dapat berkurang sebesar 5,712% dari 8,235 N menjadi 7,7646 N, dan hambatan gelombang pada Fn 0,18 berkurang sebesar 34,29% dari 1,6428 N menjadi 1,0794 N. Dan dari hasil analisa wake friction, model dengan variasi foil NACA 6412 juga menjadi model yang paling optimal dalam mengurangi nilai wake, dimana pada kecepatan dinas nilai wake mengalami penurunan sebesar 1,0402% yaitu dari 0,2414 menjadi 0,2388.
Fulltext
Keywords: Grothues Spoiler; wake fraction; hambatan; foil NACA; CFD; Kapal Perintis
  1. F. A. Molland, R. S. Turnock and A. D. Hudson, Ship Resistance and Propulsion : pratical estimation of ship propulsive power, 2011
  2. S. Harvald, Tahanan & Propulsi Kapal, Surabaya: Airlangga Press, 1992
  3. H. &. B. V. Schneekluth, Ship design for efficiency & economy, Butterworth-Heinemann, 1998
  4. Z. B. Sijabat, E. S. Hadi and G. Rindo, "Pengaruh Sudut Masuk Pada Kapal Perintis 750 DWT Terhadap Resistance Kapal Dengan Penambahan Anti-Slamming Bulbous Bow Tipe Delta (Δ-Type)," JURNAL TEKNIK PERKAPALAN, vol. 6, no. 1, 2018
  5. K. Restu, E. S. Hadi and M. Iqbal, "Optimalisasi Curve Linesplan Haluan Kapal Perintis 750 DWT Menggunakan Response Surface Methode (RSM) untuk Mengurangi Hambatan," JURNAL TEKNIK PERKAPALAN, vol. 5, no. 4, 2017
  6. B. H. Nova, E. S. Hadi and M. Iqbal, "Analisa Penambahan Bulbous Bow Pada Kapal Perintis 750 DWT Guna Mengurangi Efek Slamming," JURNAL TEKNIK PERKAPALAN, vol. 5, no. 1, 2017
  7. A. S. Nugroho, E. S. Hadi and P. Manik, "Analisa Pengaruh Penambahan Hull Vane Tipe NACA 2415 Sudut 5 ° Pada Kapal Perintis 750 DWT, Variasi Jumlah Dan Posisi Foil Hull Vane Terhadap Hambatan Dan Seakeeping Kapal Dengan Menggunakan Metode CFD," JURNAL TEKNIK PERKAPALAN, vol. 6, no. 1, 2018
  8. T. P. P. Lumbantobing, E. S. Hadi and P. Manik, "Pengaruh Variasi Bentuk Buritan Kapal Perintis 500 Dwt Terhadap Arah dan Nilai Wake Kapal dengan Mengunakan Metode CFD," JURNAL TEKNIK PERKAPALAN, vol. 5, no. 4, 2017
  9. I. Setiawan, "Analisa Pengaruh Lunas Bilga Terhadap Olah Gerak Kapal dan Hambatan Total pada Kapal Ikan Tradisional Tipe Kragan," JURNAL TEKNIK PERKAPALAN, vol. 2, no. 3, 2014
  10. W. Maheswara, U. Budiarto and A. F. Zakki, "Analisis Pengaruh Hull Vane Tipe NACA 4412 Sudut 10 Terhadap Hambatan dan Seakeeping pada Kapal Perintis 750 DWT dengan Variasi Jumlah dan Posisi Foil Hull Vane Menggunakan Metode CFD," JURNAL TEKNIK PERKAPALAN, vol. 6, no. 1, 2018
  11. R. R. Harahap, E. S. Hadi and G. Rindo, "Analisa Pengaruh Sudut Masuk Kapal Perintis 750 Dwt Terhadap Slamming Kapal Dengan Penambahan Anti-Slamming Bulbous Bow Tipe Delta (Δ – Type) Menggunakan Metode Cfd (Computational Fluid Dynamic)," JURNAL TEKNIK PERKAPALAN, vol. 6, no. 1, 2018
  12. J. Siagian, P. Manik and E. S. Hadi, "Analisa Pengaruh Penambahan Grothues Spoilers Tipe NACA 64098 dengan Variasi Jumlah Spoiler pada Kapal Perintis 750 DWT Terhadap Hambatan dan Nilai Wake Kapal dengan Menggunakan Metode CFD," JURNAL TEKNIK PERKAPALAN, vol. 6, no. 4, 2018

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.