BibTex Citation Data :
@article{JTP21406, author = {Bobby Lubis and Parlindungan Manik and Berlian Adietya}, title = {Analisa Pengaruh Penambahan Grothues Spoilers dengan Variasi Geometri Berbentuk Foil NACA pada Kapal Perintis 750 DWT Terhadap Hambatan dan Nilai Wake Kapal dengan Menggunakan Metode CFD}, journal = {Jurnal Teknik Perkapalan}, volume = {6}, number = {4}, year = {2018}, keywords = {Grothues Spoiler; wake fraction; hambatan; foil NACA; CFD; Kapal Perintis}, abstract = { Perkembangan teknologi di dunia perkapalan semakin maju seiring dengan berjalannya waktu. Hal ini bertujuan agar performa kapal dapat ditingkatkan menjadi lebih baik, salah satunya yaitu dengan mengurangi nilai hambatan dan wake. Wake merupakan perbandingan antara kecepatan air yang melewati baling-baling dengan kecepatan kapal dinas kapal itu sendiri. Perancangan Grothues Spoilers pada bagian buritan kapal dapat mengarahkan aliran turbulen menjadi aliran laminar menuju baling-baling. Penelitian ini bertujuan agar mendapatkan nilai hambatan dan wake kapal yang lebih baik setelah dilakukan penambahan Grothues Spoilers dengan memvariasikan geometri dari spoiler tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan program komputer berbasis Computational Fluid Dynamic (CFD) dengan memvariasikan 2 geometri spoiler berbentuk foil NACA yaitu NACA 4412 dan NACA 6412 terhadap model 3D kapal perintis 750 DWT. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penambahan grothues spoilers dengan variasi foil NACA 6412 merupakan hasil yang paling optimal dalam mengurangi hambatan. Dimana pada hambatan total pada Fn 0,18 dapat berkurang sebesar 13,728% dari 7,277 N menjadi 6,278 N, hambatan viskositas pada Fn 0,26 dapat berkurang sebesar 5,712% dari 8,235 N menjadi 7,7646 N, dan hambatan gelombang pada Fn 0,18 berkurang sebesar 34,29% dari 1,6428 N menjadi 1,0794 N. Dan dari hasil analisa wake friction, model dengan variasi foil NACA 6412 juga menjadi model yang paling optimal dalam mengurangi nilai wake, dimana pada kecepatan dinas nilai wake mengalami penurunan sebesar 1,0402% yaitu dari 0,2414 menjadi 0,2388. }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/21406} }
Refworks Citation Data :
Last update:
Jurnal Teknik Perkapalan oleh http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License