Analisa Pengaruh Penambahan Grothues Spoilers Tipe NACA 64098 dengan Variasi Jumlah Spoiler pada Kapal Perintis 750 DWT Terhadap Hambatan dan Nilai Wake Kapal dengan Menggunakan Metode CFD

*Josua Siagian  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro
Parlindungan Manik  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro
Eko Sasmito Hadi  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro
Received: 21 Jul 2018; Published: 23 Jul 2018.
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: EN
Statistics: 157
Abstract
Berkembangnya zaman di era globalisasi ini ikut mempengaruhi perkembangan teknologi di dunia perkapalan yang dapat meningkatkan performa kapal menjadi lebih baik, salah satunya ialah dengan mengurangi nilai hambatan dan wake. Wake merupakan perbandingan antara kecepatan air yang melalui baling-baling dengan kecepatan kapal dinas kapal itu sendiri. Penambahan Grothues Spoilers yang diletakkan pada bagian buritan kapal dapat mengarahkan aliran turbulen menjadi aliran laminar menuju baling-baling. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan nilai hambatan dan wake kapal setelah dilakukan penambahan Grothues Spoilers dengan memvariasikan jumlah dari spoiler  tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan program komputer berbasis Computational Fluid Dynamic (CFD) dengan memvariasikan jumlah spoiler sebanyak 2 hingga 4 spoiler terhadap model 3D kapal perintis 750 DWT. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penambahan grothues spoilers dengan jumlah 4 spoilers merupakan hasil yang paling optimal dalam mengurangi hambatan. Dimana pada hambatan total pada Fn 0,19 dapat berkurang sebesar 11,707% dari 8,176 N menjadi 7,219 N, hambatan viskositas pada Fn 0,21 dapat berkurang sebesar 5,314% dari 6,22 N menjadi 5,889 N, dan hambatan gelombang pada Fn 0,19 berkurang dari 1,956 N menjadi 1,425N dengan perubahan sebesar 27,17%. Dan dari hasil analisa wake friction, model dengan variasi 4 spoilers juga menjadi model yang paling optimal dalam mengurangi nilai wake, dimana pada kecepatan dinas nilai wake mengalami penurunan sebesar 1,746% yaitu dari 0,237 menjadi 0,2104.
Keywords: Grothues Spoiler; wake friction; hambatan; CFD (Computational Fluid Dynamic); Kapal Perintis

Article Metrics:

  1. F. A. Molland, R. S. Turnock dan A. D. Hudson, Ship Resistance and Propulsion : pratical estimation of ship propulsive power, 2011.
  2. S. Harvald, Tahanan & Propulsi Kapal, Surabaya: Airlangga Press, 1992.
  3. H. &. B. V. Schneekluth, Ship design for efficiency & economy, Butterworth-Heinemann, 1998.
  4. Z. B. Sijabat, E. S. Hadi dan G. Rindo, “Pengaruh Sudut Masuk Pada Kapal Perintis 750 DWT Terhadap Resistance Kapal Dengan Penambahan Anti-Slamming Bulbous Bow Tipe Delta (Δ-Type),” JURNAL TEKNIK PERKAPALAN, vol. 6, no. 1, 2018.
  5. K. Restu, E. S. Hadi dan M. Iqbal, “Optimalisasi Curve Linesplan Haluan Kapal Perintis 750 DWT Menggunakan Response Surface Methode (RSM) untuk Mengurangi Hambatan,” JURNAL TEKNIK PERKAPALAN, vol. 5, no. 4, 2017.
  6. B. H. Nova, E. S. Hadi dan M. Iqbal, “Analisa Penambahan Bulbous Bow Pada Kapal Perintis 750 DWT Guna Mengurangi Efek Slamming,” JURNAL TEKNIK PERKAPALAN, vol. 5, no. 1, 2017.
  7. A. S. Nugroho, E. S. Hadi dan P. Manik, “Analisa Pengaruh Penambahan Hull Vane Tipe NACA 2415 Sudut 5 ° Pada Kapal Perintis 750 DWT, Variasi Jumlah Dan Posisi Foil Hull Vane Terhadap Hambatan Dan Seakeeping Kapal Dengan Menggunakan Metode CFD,” JURNAL TEKNIK PERKAPALAN, vol. 6, no. 1, 2018.
  8. T. P. P. Lumbantobing, E. S. Hadi dan P. Manik, “Pengaruh Variasi Bentuk Buritan Kapal Perintis 500 Dwt Terhadap Arah dan Nilai Wake Kapal dengan Mengunakan Metode CFD,” JURNAL TEKNIK PERKAPALAN, vol. 5, no. 4, 2017.
  9. W. Maheswara, U. Budiarto dan A. F. Zakki, “Analisis Pengaruh Hull Vane Tipe NACA 4412 Sudut 10 Terhadap Hambatan dan Seakeeping pada Kapal Perintis 750 DWT dengan Variasi Jumlah dan Posisi Foil Hull Vane Menggunakan Metode CFD,” JURNAL TEKNIK PERKAPALAN, vol. 6, no. 1, 2018.
  10. I. Setiawan, “Analisa Pengaruh Lunas Bilga Terhadap Olah Gerak Kapal dan Hambatan Total pada Kapal Ikan Tradisional Tipe Kragan,” JURNAL TEKNIK PERKAPALAN, vol. 2, no. 3, 2014.