Analisa Variasi Twin Step Hull pada Kapal Pilot Boat 15 Meter ALU dengan Menggunakan Metode CFD

*Habib Zubaer  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas , Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: .
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi telah merambah ke dunia perkapalan, tidak terkecali kapal cepat. Kini  berbagai strategi untuk menciptakan kapal berkecepatan tinggi dengan nilai hambatan sekecil-kecilnya telah menghasilkan berbagai jenis modifikasi lambung, salah satunya adalah Twin Stephull. Twin Stephull, yaitu merupakan modifikasi bentuk lambung berupa step melintang yang ditempatkan pada bawah lambung kapal. Aplikasi penggunaan twin stephull dapat menurunkan sudut trim sehingga stabilitas kapal lebih baik, meningkatkan kinerja hidrodinamik, dan memperkecil luas permukaan basah sehingga bisa mengurangi hambatan yang dihasilkan. Pada penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan optimasi hambatan terhadap variasi posisi twin stephull. Dalam melaksanakan penelitian ini penulis menggunakan program komputer berbasis Computational Fluid Dynamic(CFD) untuk penyelesaian masalah dari tujuan penelitian, Computational fluid dynamic(CFD) merupakan ilmu sains dalam penentuan penyelesaian numerik dinamika fluida. Penelitian dilakukan dengan cara menganalisa dan menghitung gaya angkat yang bekerja pada kapal, perubahan displasmen, dan pengurangan hambatan total kapal menggunakan model. Berdasarkan hasil analisa menggunakan software Tdyn 12.2.3.0 didapatkan nilai hambatan total yang dapat diperkecil  hingga 28,39%, nilai ini terjadi pada kapal variasi model C pada Froude Number 1,26.

 

Keywords: kapal cepat; twin stephll; gaya angkat; hambatan; CFD (Computational Fluid Dynamics)

Article Metrics:

  1. Faltinsen, Odd M. 2005. Hydrodynamic of High-Speed Marine Vehicle. New York: Cambride University Press.
  2. Savitsky Daniel, Ward Brown P. 1976. Procedures for Hydrodynamis Evaluation of Planing Hulls in Smooth and Rough Water. Marine Technology, Vol 13 No.4
  3. Savitsky Daniel. 1964. Hydrodinamic Design of Planing Hulls. Marine Technology, Vol 1, No.1
  4. M. Salas, R.Luco, P.K Sahoo, etc. 2015 Experimental and CFD Resistance Calculation of a Small Fast Catamaran.
  5. Rameswar Bhattacharyya. 1978. Dynamics of Marine Vehicles. New York : John Wiley & Sons.
  6. Barnaby K.C. Schoenherr Friction Coefficents (Smooth Surface Turbulent Flow). Michigan : Department of Naval Architecture and Marine Engineering University of Michiga.
  7. Savitsky Daniel, Morabito Michael. 2009. Surface Wave Contours Associated with the Forebody Wake of Stepped Planing Hulls. Meeting of the New York Metropolitan Section of the Society of Naval Architects and MarineEngineers.