BibTex Citation Data :
@article{JTP21270, author = {Habib Zubaer}, title = {Analisa Variasi Twin Step Hull pada Kapal Pilot Boat 15 Meter ALU dengan Menggunakan Metode CFD}, journal = {Jurnal Teknik Perkapalan}, volume = {6}, number = {1}, year = {2018}, keywords = {kapal cepat; twin stephll; gaya angkat; hambatan; CFD (Computational Fluid Dynamics)}, abstract = { Pesatnya perkembangan teknologi telah merambah ke dunia perkapalan, tidak terkecali kapal cepat. Kini berbagai strategi untuk menciptakan kapal berkecepatan tinggi dengan nilai hambatan sekecil-kecilnya telah menghasilkan berbagai jenis modifikasi lambung, salah satunya adalah Twin Stephull . Twin Stephull , yaitu merupakan modifikasi bentuk lambung berupa step melintang yang ditempatkan pada bawah lambung kapal. Aplikasi penggunaan twin stephull dapat menurunkan sudut trim sehingga stabilitas kapal lebih baik, meningkatkan kinerja hidrodinamik, dan memperkecil luas permukaan basah sehingga bisa mengurangi hambatan yang dihasilkan. Pada penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan optimasi hambatan terhadap variasi posisi twin stephull . Dalam melaksanakan penelitian ini penulis menggunakan program komputer berbasis Computational Fluid Dynamic(CFD) untuk penyelesaian masalah dari tujuan penelitian, Computational fluid dynamic(CFD) merupakan ilmu sains dalam penentuan penyelesaian numerik dinamika fluida. Penelitian dilakukan dengan cara menganalisa dan menghitung gaya angkat yang bekerja pada kapal, perubahan displasmen, dan pengurangan hambatan total kapal menggunakan model. Berdasarkan hasil analisa menggunakan software Tdyn 12.2.3.0 didapatkan nilai hambatan total yang dapat diperkecil hingga 28,39%, nilai ini terjadi pada kapal variasi model C pada Froude Number 1,26. }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/21270} }
Refworks Citation Data :
Pesatnya perkembangan teknologi telah merambah ke dunia perkapalan, tidak terkecali kapal cepat. Kini berbagai strategi untuk menciptakan kapal berkecepatan tinggi dengan nilai hambatan sekecil-kecilnya telah menghasilkan berbagai jenis modifikasi lambung, salah satunya adalah Twin Stephull. Twin Stephull, yaitu merupakan modifikasi bentuk lambung berupa step melintang yang ditempatkan pada bawah lambung kapal. Aplikasi penggunaan twin stephull dapat menurunkan sudut trim sehingga stabilitas kapal lebih baik, meningkatkan kinerja hidrodinamik, dan memperkecil luas permukaan basah sehingga bisa mengurangi hambatan yang dihasilkan. Pada penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan optimasi hambatan terhadap variasi posisi twin stephull. Dalam melaksanakan penelitian ini penulis menggunakan program komputer berbasis Computational Fluid Dynamic(CFD) untuk penyelesaian masalah dari tujuan penelitian, Computational fluid dynamic(CFD) merupakan ilmu sains dalam penentuan penyelesaian numerik dinamika fluida. Penelitian dilakukan dengan cara menganalisa dan menghitung gaya angkat yang bekerja pada kapal, perubahan displasmen, dan pengurangan hambatan total kapal menggunakan model. Berdasarkan hasil analisa menggunakan software Tdyn 12.2.3.0 didapatkan nilai hambatan total yang dapat diperkecil hingga 28,39%, nilai ini terjadi pada kapal variasi model C pada Froude Number 1,26.
Last update:
Jurnal Teknik Perkapalan oleh http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License