Analisa Kekuatan Variasi Konstruksi Minimum Weight Corrugated Bulkhead dengan Duplex Stainless Steel pada Ruang Muat Kapal Tanker 17500 LTDW

*Ananda Riris Kurnia Pratama  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Unoversitas Diponegoro, Indonesia
Ahmad Fauzan Zakki  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Unoversitas Diponegoro, Indonesia
Imam Pujo Mulyatno  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Unoversitas Diponegoro, Indonesia
Received: 19 Jul 2018; Published: 23 Jul 2018.
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: EN
Statistics: 194
Abstract

Dalam mendesain konstruksi sekat melintang (transverse bulkhead), pemilihan desain dan material yang efisien untuk konstruksi sekat kedap berpengaruh terhadap kekuatan dan berat dari konstruksi sekat kedap melintang. Untuk saat ini mulai ditinggalkannya sekat berpenegar dan mengganti dengan konstruksi sekat bergelobang (corrugated bulkhead). Analisa konstruksi sekat dilakukan dengan mengkonversi nilai sudut pada corrugated bulkhead menjadi beberapa variasi sesuai dengan konfigurasi elemen corrugated bulkhead BKI Vol II Section 11, dan merubah material yang digunakan menjadi duplex stainless steel yang lebih tahan korosif serta lebih ringan dibandingkan carbon steel. Permodelan dan analisa kekuatan dilakukan dengan menggunakan finnite element software, dengan memberikan pembebanan yang mengacu pada Common Structural Rules for Double Hull Oil Tanker section 7 berupa tekanan hidrostatis sebesar 55,16 Pa dan tekanan tank 71,99 Pa. Dari hasil analisa maka diperoleh nilai tegangan terbesar terjadi pada model sekat berpenegar (transverse plane watertigh bulkhed) yaitu sebesar 203 Mpa, tegangan maksimum terkecil terjadi pada model corrugated bulkhead dengan sudut α 60° dengan material carbon steel yaitu sebesar 130 Mpa. Desain konstruksi corrugated bulkhead yang efisien adalah model dengan sudut α 60° dengan material duplex stainless steel dengan nilai tegangan 142 Mpa telah memenuhi tegangan ijin BKI sebesar 180 N/mm2 dengan nilai safety factor 1.27, dan berat konstruksi sebesar 23,56 ton. Perubahan pengguanan desain dan material  dapat mereduksi berat sekat  rata – rata sebesar 12.3% dari desain existing.

Keywords: transverse bulkhead , corrugated bulkhead, duplex stainless steel, tegangan,

Article Metrics:

  1. I. K. Djaya, Teknik Konstruksi Kapal Baja, Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, 2008.
  2. S. H. S. D. Ardianus, “Analisis Kekuatan Konstruksi Sekat Melintang Kapal Tanker dengan Metode Elemen Hingga,” Jurnal Teknik ITS, vol. 2, pp. G183-G188, 2017.
  3. I. P. M. Iqbal Amanda, “Analisa Kekuatan Konstruksi Transverse Bulkhead Ruang Muat No.I Pada 18500 Dwt Dry Cargo Vessel Berbasis Metode Elemen Hingga,” Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 1, pp. 16-22, 2011.
  4. V. Ž. M. G. Jerolim ANDRIĆ, “Structural Optimization of Corrugated Transverse Bulkheads Made of Stainless Steel,” vol. 1, pp. 18-27, 2010.
  5. B. Veritas, “Rules on Materials and Welding for the Classification of Marine Units,” BV, Neuilly sur Seine Cedex , 2017.
  6. IACS, “Common Structural Rules for Double Hull Oil Tanker,” IACS, UK, 2012.
  7. BKI, “Rules for The Classification and Construction of Sea Going Steel Ship Vol II,” BKI, Jakarta, 2014.
  8. J. William D. Callister, Materials Science and Engineering, Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc, 2009.
  9. I. P. M. W. A. Josua Parulian Sinaga, “Analisa Kekuatan Variasi Sistem Konstruksi Transverse Watertight Bulkhead Pada Multi-Purpose Cargo / Container Vessel 12000 Dwt Dengan Metode Elemen Hingga,” Jurnal Teknik Perkapalan, Vol. %1 dari %2348-361, p. 3, 2015.
  10. E. P. Popov, Mechanic of Materials, 2nd Edition, Englewood Cliffs, New.Jersey: Prentice-Hall, 1978.