skip to main content

Analisa Pengaruh Angle of Attack Fin stabilizer terhadap Righting moment pada Kapal Perintis 500 DWT

*Nur Rifqi Sabila  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Citation Format:
Abstract
Dalam dunia perkapalan stabilitas adalah salah satu faktor yang sangat penting karena stabilitas sangat bepengaruh dengan kenyamanan dan keselamatan kapal. Dalam perancangan sebuah kapal didesain dengan baik agar memiliki stabilitas yang baik. Upaya untuk meningkatkan stabilitas kapal contohnya dengan penggunaan ship motion control seperti bilge keel, fin stabilizer, tanki stabilizer dll. Pada penelitian ini mengkaji tentang pengaruh penggunaan fin stabilizer pada kapal perintis 500 DWT  yang bertujuan untuk meningkatkan stabilitas dan olah gerak kapal khususnya gerakan Rolling. Peneltian ini dilakukan dengan mengkaji gaya yang dihasilkan oleh fin stabilizer dengan memvariasikan sudut serangnya, kemudian gaya yang didapatkan dari fin tersebut digunakan sebagai koefisien damping guna menganalisa gerakan rollingnya di Ansys Aqwa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  penggunaan fin stabilizer dapat mengurangi rolling kapal lebih dari 50% dan gaya yang dihasilkan oleh fin stabilizer dipengaruhi oleh sudut serang, sudut serang yang besar mampu menghasilkan koefisien damping lebih besar, begitu sebaliknya, tetapi dalam penggunaan konfigurasi fin stabilizer juga diselaraskan dengan besar amplitude rolling kapal. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagaimana metode yang dilakukan dalam pemasangan fin stabilizer pada kapal.
Fulltext
Keywords: rolling, fin stabilizer, stabilitas, ship motion control.
  1. Molland, Anthony. ©2008. The Maritime Engineering Reference Book. UK: Elsevier
  2. Herbowo, airlangga. 2017. Analisa fin stabilizer terhadap rolling pada kapal ferry ro – ro 500 GT dengan metode CFD. Jurnal Teknik Perkapalan. Vol – 05. No 1 januari 2017
  3. Karakas, Sasak C. 2012. Control Design of Fin Roll Stabilization in Beam Seas based on Lyapunov’s direct Method. Polish Maritime Research: vol 19; pp. 25 – 30
  4. Subramanian, V Anantha. 2006. Active fin control for yacht using virtual instrumentation. Ocean engineering. 34 (2007) 390-402
  5. Wibowo, Harso, Nugroho. 2006. Gerakan non linier rolling kapal di gelombang beraturan. BPPT. No 28 tahun XI 2006
  6. Perez, Tristan. ©2005. Ship Motion Control. Norway: Springer

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.