skip to main content

Analisis Pengaruh Hull Vane Tipe NACA 4412 Sudut 10o Terhadap Hambatan dan Seakeeping pada Kapal Perintis 750 DWT Dengan Variasi Jumlah dan Posisi Foil Hull Vane menggunakan Metode CFD

*Wisesa Maheswara  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Untung Budiarto  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Ahmad Fauzan Zakki  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Perkembangan teknologi perkapalan sudah banyak diaplikasikan pada kapal. Hal itu sangat penting karena dapat meningkatkan performa kapal, diantaranya mengurangi hambatan dan memperbaiki olah gerak kapal. Hull vane adalah fixed foil yang terletak pada buritan kapal dan di bawah garis air. Gaya angkat pada hull vane dapat mengurangi terjadinya running trim. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan perancangan hull vane pada kapal, baik dalam hal jumlah dan posisi foil untuk menghasilkan hambatan  dan olah gerak kapal yang optimal. Pada penelitian ini penulis menggunakan program komputer berbasis Computational Fluid Dynamic (CFD) didalam menyelesaikan masalah dari tujuan penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada model 5 variasi double foil hull vane dengan posisi foil 2%LWL di belakang kapal dan 50%T(sarat) adalah model dengan nilai peningkatan hambatan total paling kecil dari kapal original yaitu 3,148 %, terjadi pada Fn 0,32. Sedangkan untuk olah gerak kapal nilai heaving terbaik pada model 5 kapal yaitu double foil hull vane posisi foil 2%LWL dibelakang kapal dan 50% serta 4%LWL di belakang kapal dan 60%T (sarat)  dengan pengurangan nilai heaving sebesar 3,22 % yang terjadi pada tiga Fn yaitu 0,26, 0,28, 0,32 sedangkan  nilai pitching mengalami peningkatan dengan penambahan mencapai 3,89% s di Froude number 0,34 pada model 6.
Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.