slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
Analisa Teknis Dan Ekonomis Penggunaan Wind Turbine Untuk Konversi Daya Listrik Peralatan Kesehatan Pada Kapal Rumah Sakit | Fahmi | Jurnal Teknik Perkapalan skip to main content

Analisa Teknis Dan Ekonomis Penggunaan Wind Turbine Untuk Konversi Daya Listrik Peralatan Kesehatan Pada Kapal Rumah Sakit

*Muchammad Rif’an Fahmi  -  Depertemen Teknik Perkapalan, FakultasTeknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Berlian Arswendo Adietya  -  Depertemen Teknik Perkapalan, FakultasTeknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Untung Budiarto  -  Depertemen Teknik Perkapalan, FakultasTeknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Dengan adanya perancangan kapal rumah sakit tipe katamaran untuk pelayaran Papua, disini saya akan mencoba membahas tentang analisa teknis dan ekonomis penggunaan wind turbinesebagai konversi daya listrik kapal, sehubungan dengan semakin naiknya harga bahan bakar minyak.Tujuan tugas akhir ini adalah untuk mendapatkan tipe dan ukuran wind turbine yang optimum serta memiliki biaya investasi yang rendah dan mendapatkan keuntungan ekonomis. Analisis wind turbine yang dilakukan adalah pada kecepatan kapal 15 knot, kecepatan angin 10,16 knot sehingga didapat kecepatan angin yang bekerja pada wind turbine sebesar 18,95 knot dengan sudut serang angin terhadap wind turbineadalah 180 derajat (arah angin berlawanan dengan arah kapal). Dari hasil analisa didapatkan wind turbine yang optimum untuk dipasang di kapal adalah tipe sumbu horisontal dengan diameter rotor 6,4 m dengan jumlah yang terpasang sebanyak 1 unit. Dengan menggunakan rumus teoritis didapatkan hambatan yang ditimbulkan wind turbine sebesar 4kN sehingga mengakibatkan pengurangan kecepatan sebesar 0.62 knot. Dengan total biaya investasi dan operasional awal sebesar Rp 162.562.943, pemasangan wind turbine dapat menghemat biaya sebesar Rp 48.091.476 per tahun.

Fulltext View|Download
Keywords: Turbin Angin; AnalisaTeknis; AnalisaEkonomis; Kecepatan Angin
  1. Bockmann, Eirik. 2011. Wind Turbine Propulsion of Ship. Norwegian University of Science and Technology. Norway
  2. Chairul Rizaldy. 2015. Studi Pwrancangan Kapal Rumah Sakit Tipe Katamaran untuk Memenuhi Kebutuhan Pelayanan Kesehatan Wilayah Pesisir Di Provinsi Papua Barat dan Papua. Skripsi Sarjana Pada FT UNDIP Semarang: Diterbitkan Tahun 2015
  3. Fingersh.L, Hand.M, and Laxson.A, December 2006. Wind Turbine Design Cost and Scaling Model. Technical Report NERL/TP-500-40566, National Renewable Energy Laboratory, Colorado
  4. Hanif Fadillah Budiman Akbar, Mohamad. 2016. Analisa Teknis dan Ekonomis Penggunaan Wind Turbine pada Kapal Penyebrangan Semarang-Karimunjawa. Skripsi Sarjana Pada FT UNDIP Semarang: Diterbitkan Tahun 2016
  5. Harvald. Sv. Aa.,1992. Resistance and Propulsion of Ship. Department of Ocean Engineering and John willey & sons Inc, New York
  6. Lewis, E.V.(Editor). 1988.Principle of Naval Architecture, Volume II. – Resistance, Propulsion and Vibration. The Society of Naval Architecture and Marine Engineers, Jersey City
  7. Lysen, E. H., Agustus 1982.Introduction to Wind Energy. CWD Amersfoort The Netherlands
  8. Molland, A.F. 2008. A Guide to Ship Design, Construction and Operation, The Maritime Engineering Reference Book. Butterworth-Heinemann, Elsevier
  9. Park, Jack., 1981. The Wind Power Book. Cheshire Books, Palo Alto California
  10. Strong, Simon James., 2008. Design of a Small Wind Turbine. University of Southern Queensland, Australia
  11. United Kingdom Parliementary Office of Science and Technology. Postnote on Carbon Footprint of Electricity Generation. November 2006

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.