slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
Analisa Perbandingan Respon Struktur Kapal Ro-Ro Passenger 99 M Di North Atlantic Ocean & Indonesian Waterways Menggunakan Metode Elemen Hingga | Santosa | Jurnal Teknik Perkapalan skip to main content

Analisa Perbandingan Respon Struktur Kapal Ro-Ro Passenger 99 M Di North Atlantic Ocean & Indonesian Waterways Menggunakan Metode Elemen Hingga

*Kurniawan Agung Santosa  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Ahmad Fauzan Zakki  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Wilma Amiruddin  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Sukron Makmun  -  Biro Klasifikasi Indonesia, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Kekuatan struktur kapal sangat dipengaruhi oleh kondisi perairan yang dilaluinya. Jenis dan tinggi gelombangnya menentukan besar kecilnya bending momen kapal, baik pada kondisi air tenang, sagging maupun hogging. Dari nilai momen tersebutlah kekuatan struktur dapat diketahui dengan mencari nilai tegangan maksimum kapal. Pada penelitian ini penulis melakukan analisa kekuatan struktur kapal Ro-Ro Passenger 99 M di North Atlantic Ocean dan Indonesian Waterways. Respon struktur kapal yang didapat digunakan sebagai acuan dalam mencari reduksi desain konstruksi kapal yang bisa dilakukan dan mendapatkan rekomendasi desain konstruksi yang sesuai dengan kondisi perairan Indonesia. Model kapal dibuat dan dianalisa menggunakan software MSC Patran. Analisa tersebut menggunakan variasi momen yang telah didapat dari perhitungan software Hydromax. Maka didapatkan hasil respon struktur kapal pada kondisi air tenang sebesar 26,8 MPa, kondisi Sagging North Atlantic Ocean sebesar 160 MPa, kondisi Hogging North Atlantic Ocean sebesar 114 MPa, kondisi Sagging Indonesian Waterways sebesar 61,8 MPa dan kondisi Hogging Indonesian Waterways sebesar 70,2 MPa. Total reduksi tebal plat dan modulus profil yang dapat dilakukan adalah sebesar 31,62 % dengan reduksi tiap tebal plat dan modulus profil sebesar 33,265 %. Dan desain rekomendasi kapal ini untuk perairan Indonesia dapat ditentukan dengan mengacu nilai total reduksi tersebut.

Fulltext View|Download
  1. Biro Klasifikasi Indonesia. 2016. Company Profile. www.bki.co.id/pagestatis-63-company-profile-lang-id. (diakses 21 Februari 2017)
  2. Mohammad Arif Kurniawan, dkk . 2016. A Comparison of Three Different Water Areas and its Influence for Development of Rules Regulation. Mokpo, Rep. Of Korea
  3. Anonim. “Kapal Ro-Ro”. https://id.wikipedia.org/wiki/Kapal_Ro-Ro. (diakses 3 November 2016)
  4. Ross, C.T.F. 1985. Finite Element Methods in Structural Mechanic. Chicherter: Ellis Horwood Ltd
  5. Nurayoga, Fasya. 2016. Analisa Kekuatan Struktur Tank Deck Pada Kapal (LST) Landing Ship Tank KRI. Teluk Bintuni 7000 DWT Menggunakan Metode Elemen Hingga, Tugas Akhir, Departemen Teknik Perkapalan, Undip : Semarang
  6. IACS. 2001. IACS Recommendation No.34 Standard Wave Data. United Kingdom. IACS
  7. European Centre for Medium-rangeWeatherForecast (ECMWF). apps.ecmwf.int/datasets/data/interim-full-daily/levtype (diakses 27 Januari 2017)
  8. Biro Klasifikasi Indonesia. 2016. Rules BKI Volume II Rules for Hull. Jakarta: Biro Klasifikasi Indonesia
  9. Kendrick, A, Daley, C, Pavic, M. 2006. Comparative Study of Ship Structure Design Standard. Submitted to US Maritime Administration. BMT Fleet Technology
  10. Barrass. 1999. Ship Stability for Master and Mates. Oxford: Elsiever
  11. Popov, E.P. 1978. Mechanics of Material, 2nd edition, Prentice-Hall, Inc., Englewoood Cliffs. New Jersey. USA
  12. Rosyid, D.M., dan Setyawan, D. 2000. Kekuatan Struktur Kapal. Jakarta: Pradnya Paramita

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.