BibTex Citation Data :
@article{JTP18845, author = {Kurniawan Santosa and Ahmad Zakki and Wilma Amiruddin and Sukron Makmun}, title = {Analisa Perbandingan Respon Struktur Kapal Ro-Ro Passenger 99 M Di North Atlantic Ocean & Indonesian Waterways Menggunakan Metode Elemen Hingga}, journal = {Jurnal Teknik Perkapalan}, volume = {5}, number = {4}, year = {2017}, keywords = {}, abstract = { Kekuatan struktur kapal sangat dipengaruhi oleh kondisi perairan yang dilaluinya. Jenis dan tinggi gelombangnya menentukan besar kecilnya bending momen kapal, baik pada kondisi air tenang, sagging maupun hogging. Dari nilai momen tersebutlah kekuatan struktur dapat diketahui dengan mencari nilai tegangan maksimum kapal. Pada penelitian ini penulis melakukan analisa kekuatan struktur kapal Ro-Ro Passenger 99 M di North Atlantic Ocean dan Indonesian Waterways . Respon struktur kapal yang didapat digunakan sebagai acuan dalam mencari reduksi desain konstruksi kapal yang bisa dilakukan dan mendapatkan rekomendasi desain konstruksi yang sesuai dengan kondisi perairan Indonesia. Model kapal dibuat dan dianalisa menggunakan software MSC Patran . Analisa tersebut menggunakan variasi momen yang telah didapat dari perhitungan software Hydromax. Maka didapatkan hasil respon struktur kapal pada kondisi air tenang sebesar 26,8 MPa, kondisi Sagging North Atlantic Ocean sebesar 160 MPa, kondisi Hogging North Atlantic Ocean sebesar 114 MPa, kondisi Sagging Indonesian Waterways sebesar 61,8 MPa dan kondisi Hogging Indonesian Waterways sebesar 70,2 MPa. Total reduksi tebal plat dan modulus profil yang dapat dilakukan adalah sebesar 31,62 % dengan reduksi tiap tebal plat dan modulus profil sebesar 33,265 %. Dan desain rekomendasi kapal ini untuk perairan Indonesia dapat ditentukan dengan mengacu nilai total reduksi tersebut. }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/18845} }
Refworks Citation Data :
Kekuatan struktur kapal sangat dipengaruhi oleh kondisi perairan yang dilaluinya. Jenis dan tinggi gelombangnya menentukan besar kecilnya bending momen kapal, baik pada kondisi air tenang, sagging maupun hogging. Dari nilai momen tersebutlah kekuatan struktur dapat diketahui dengan mencari nilai tegangan maksimum kapal. Pada penelitian ini penulis melakukan analisa kekuatan struktur kapal Ro-Ro Passenger 99 M di North Atlantic Ocean dan Indonesian Waterways. Respon struktur kapal yang didapat digunakan sebagai acuan dalam mencari reduksi desain konstruksi kapal yang bisa dilakukan dan mendapatkan rekomendasi desain konstruksi yang sesuai dengan kondisi perairan Indonesia. Model kapal dibuat dan dianalisa menggunakan software MSC Patran. Analisa tersebut menggunakan variasi momen yang telah didapat dari perhitungan software Hydromax. Maka didapatkan hasil respon struktur kapal pada kondisi air tenang sebesar 26,8 MPa, kondisi Sagging North Atlantic Ocean sebesar 160 MPa, kondisi Hogging North Atlantic Ocean sebesar 114 MPa, kondisi Sagging Indonesian Waterways sebesar 61,8 MPa dan kondisi Hogging Indonesian Waterways sebesar 70,2 MPa. Total reduksi tebal plat dan modulus profil yang dapat dilakukan adalah sebesar 31,62 % dengan reduksi tiap tebal plat dan modulus profil sebesar 33,265 %. Dan desain rekomendasi kapal ini untuk perairan Indonesia dapat ditentukan dengan mengacu nilai total reduksi tersebut.
Last update:
Jurnal Teknik Perkapalan oleh http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License