Analisa Perubahan Geometri, Ukuran Dan Bentuk Centerbulb Berbentuk Foil Terhadap Hambatan Kapal Katamaran MV. Laganbar Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamic (CFD)

*Hanif Hisyam Hernanta  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Parlindungan Manik  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Muhammad Iqbal  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: .
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Kapal katamaran memiliki stabilitas yang sudah cukup baik, akan tetapi di sisi lain muncul permasalahan yaitu pada hambata kapal katamaran yang menjadi lebih kompleks dikarena efek interaksi komponen hambatan dengan gelombang laut pada lambung kapal. Kondisi ini berakibat pada bertambahnya hambatan gelombang karena hempasan badan kapal oleh gelombang laut. Dari keadaan tersebut munculah percobaan untuk menambahkan centerbulb berbentuk foil pada kapal katamaran. Centerbulb berfungsi mengurangi hambatan gelombang yang terjadi pada lambung kapal katamaran. Analisa perhitungan hambatan total kapal katamaran dihitung menggunakan software CFD yaitu Tdyn 12.2.3.0 dan menggunakan variasi kecepatan (Fn = 0,15; Fn = 0,20; Fn = 0,25; Fn = 0,30; Fn = 0,35; Fn = 0,40; Fn = 0,45; dan Fn = 0,50), penambahan dan variasi dimensi centerbulb. Hasilnya pada setiap kecepatan dapat mengurangi hambatan total sebesar 11,09 – 19,86 % dari model original kapal tanpa centerbulb.

Article Metrics:

  1. Samuel. Iqbal.M and I.K.A.P Utama. 2015, “An Investigation Into The Resistance Components OF Converting A Traditional Monohull Fishing Vessel Into Catamaran Form,” Int. J. Technol.
  2. Amriardi, Ulil. 2015. Analisa Hambatan Kapal Ikan Tradisional Catamaran di Perairan Cilacap Karena Perubahan Bentuk Lambung Dengan Pendekatan Lattice Boltzmann Method (LBM.)Skripsi Sarjana FT UNDIP Semarang :Vol.3,No.3, Juli 2015
  3. Adib, Grafian. 2015. Analisa Penambahan Centerbulb terhadap Hambatan Total Kapal Catamaran menggunakan Software Berbasis CFD. Skripsi Sarjana FT UNDIP Semarang :tidakditerbitkan.
  4. Kurniawan, Asep. 2016. Analisa Peningkatan Performa Hambatan Kapal Katamaran MV. Laganbar Menggunakan Centerbulb dan Bulbous Bow Dengan Metode Computational Fluid Dynamic (CFD). Skripsi Sarjana FT UNDIP Semarang :tidakditerbitkan.
  5. Sobirin, Yusup. 2013. Analisa Pengaruh Variasi Bentuk Hull Terhadap Hambatan Total Kapal Catamaran untuk Penyeberangan di Kepulauan Seribu Dengan CFD. Skripsi Sarjana pada FT UNDIP Semarang :tidakditerbitkan.
  6. D. B. Danısman. 2014, “Reduction of demi-hull wave interference resistance in fast displacement catamarans utilizing an optimized centerbulb concept,” Ocean Eng., vol. 91, pp. 227–234,.
  7. Couser, P R, Molland, A F, Armstrong N and Utama, I K A P. 1997. Calm Water Powering Predictions for High Speed Catamarans.Procs.Of International Conference on Fast Sea Transportation, FAST 1997, Sydney, 21-23 July.
  8. Molland, A.F. 2008. A Guide to Ship Design, Construction and Operation. Butterworth - Heinemann : Elsevier
  9. Jamaluddin, A., et al. 2012, “Experimental and Numerical Study of the Resistance Component Interactions of Catamarans,” Proc. Inst. Mech. Eng. Part M J. Eng. Marit. Environ., vol. 227(1), pp. 51–60.
  10. Adi, Prasetyo dan Amiadji. 2013. Analisa Penerapan Bulbous Bow pada Kapal Katamaran untuk Meningkatkan Efisisensi Pemakaian Bahan Bakar. Jurnal Teknik POMITS Vol. 3 No.1 Fakultas Teknologi Ilmu Kelautan – Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
  11. Molland, A.F., Wellicome, J.F., Couser, P.R. 1996. Resistance Experiments on a Systematic Series of High-Speed Displacement Catamaran Forms : Variations of Length-Displacement Ratio and Breadth-Draugh Ratio. Transaction RINA, 138A.