slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
Optimalisasi Curve Linesplan Haluan Kapal Perintis 750 DWT Menggunakan Response Surface Methode (RSM) untuk Mengurangi Hambatan | Kuasa | Jurnal Teknik Perkapalan skip to main content

Optimalisasi Curve Linesplan Haluan Kapal Perintis 750 DWT Menggunakan Response Surface Methode (RSM) untuk Mengurangi Hambatan

*Restu Kuasa  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Eko Sasmito Hadi  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Muhammad Iqbal  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Saat ini sangat banyak perusahaan-perusahaan kapal yang sedang berlomba-lomba untuk menciptakan desain kapal yang paling bagus baik dari segi teknis maupun ekonomisnya. Hambatan kapal atau Resistance adalah salah satu yang sangat di perhatikan. Dari permasalahan ini penulis melakukan penelitian untuk mencari niali hambatan terkecil dari kapal Perintis 750 DWT setelah di lakuakan perubahan  bentuk haluannya  dari konvensional menjadi bentuk X-Bow. Bentuk X-bow ini bertujuan untuk mengurangi hambatan Total suatu kapal. Permodelan kapal variasi ini di buat menggunakan orca default dari software rhinoceros dan di lanjutkan di software delfship yang kemudian di analisa perhitungan hambatannya menggunakan Software Berbasis CFD yaitu Tdyn 12.2.3.0. dengan menggunakan variasi sudut Stem Rake dan Sudut Forefoot yang dirangkum dengan RSM. Hasilnya, nilai hambatan Setelah di olah menggunakan RSM  pada orde II mendapatkan respon persamaan model yaitu Y = 0,5168 – 0.00629X1 – 0,00168X2 – 0,004X1.X2 + 0,01173X12 + 0,02157X22. Persamaan ini menghaliskan plot permukaan minimum yang terbentuk dari nilai-nilai minimum pada analisa hambatan. Model variasi sudut Stem Rake 450 derajat dan sudut Forefoot 0,7330 derajat dengan nilai Hambatan 0,5174 N dalam model skala 1 meter atau 72,127 KN dalam ukuran asli adalah yang paling optimal mengurangi hambatan sebesar 41,2% dari kapal Perintis Sebelumnya yang mempunyai nilai hambatan sebesar 0,88 N dalam model skala 1 meter atau 122,040 KN dalam ukuran kapal asli.

Fulltext View|Download
  1. Batchelor, G. K. (1967), An Introduction to Fluid Dynamics, Cambridge Univ
  2. Bhattacharrya,R .1978.Dynamics of Marine Vehicles.New York : John Wiley and Sons
  3. Harvald, S A. 1983.Resistance and Propulsion of Ships. John Wiley and Sons, Toronto : Canada
  4. Oramahi, "Teori dan Aplikasi Penggunaan Response Surface Methode (RSM)’’,2008
  5. Sidabalok, Andreas Parulian.2015.Tugas Akhir .Analisa Perbandingan Ulstein X-Bow dengan Bulbous Bow Konvensional Terhadap Nilai Hambatan dan Seakeeping Kapal Menggunakan Metode CFD.Semarang.Indonesia : Universitas Diponegoro

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.